Abstrak
Perbandingan penggunaan Media Video dan Metode Ceramah Dampak Perilaku Seksual Pranikah Terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja di Kabupaten Rejang Lebong
.Full Papers
Universitas Padjadjaran, Jurnal Pengembangan Pendidikan Dan Pelayanan Kebinanan (Indonesia Journal Of Education and Midwifery Care), Volume 2 No. 3, September 2015, eISSN : 2442-3629, pISSN: 2407-1951
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Jurnal Pengembangan Pendidikan Dan Pelayanan Kebinanan (Indonesia Journal Of Education and Midwifery Care), Volume 2 No. 3, September 2015, eISSN : 2442-3629, pISSN: 2407-1951
Adolescents, knowledge, lectures method, Media video, metode ceramah, pengetahuan, remaja, sexual attitudes, sikap seksual
Perilaku seksual remaja saat ini sudah sangat berisiko, salah satunya disebabkan minimnya informasi yang benar mengenai kesehatan reproduksi sehingga menimbulkan ancaman terhadap kesehatan reproduksi. Banyak remaja telah melakukan perilaku seksual berisiko yang ditandai dengan meningkatnya kejadian kehamilan remaja dan infeksi menular seksual. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain quasi eksperimen terhadap dua kelompok remaja, yaitu kelompok yang mendapat perlakuan media video dan metode ceramah. Penelitian melibatkan 120 remaja di SMKN 1 Selupu Rejang dan SMAN 1 Sindang Kelingi Kabupaten Rejang Lebong pada periode 4-20 November 2015. Data dianalisis dengan uji Mann Whitney untuk menguji perbandingan pengetahuan dan sikap remaja. Untuk mengetahui peran dari media video terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap dihitung besarnya Rasio Risk (RR) dan interval kepercayaan 95%. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan daftar tilik.Hasil penelitian menunjukkan remaja yang diberikan media video memiliki tingkat pengetahuan dan sikap yang lebih baik dari remaja yang diberikan metode ceramah (p<0,05). Penggunaan media video memberikan peluang peningkatan pengetahuan sebesar 1,52 kali dan peluang peningkatan sikap sebesar 1,57 kali dibandingkan menggunakan metode ceramah. Simpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan media video mempunyai pengaruh yang lebih baik dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja dibandingkan dengan menggunakan metode ceramah. Sexual behavior of adolescents is very risky now, one of due to a lack of accurate information on reproductive health a threat to reproductive health and sexual risk behaviors. Many adolescents who have made risky sexual behavior as indicated by incidence of teenage pregnancy and of sexually transmitted diseases.This research was an analytical study with quasi-experimental designprepost test design with control group. With a total sample of 120 people in the period from 4 to 20 January 2015 in SMKN 1 Selupu Rejang and SMAN Sindang Kelingi Rejang Lebong. Data were analyzed with the Mann Whitney test for testing comparative knowledge and attitudes, to determine the role of video media to increase knowledge and attitudes sought Risk Ratio (RR). The instruments used in this study was a questionnaire. The results showed a better video media increase knowledge of teen attitudes. Teens given video media has a level of knowledge and a better attitude of teenagers given lecture method (p <0.05). the use of video media provide oportunies for 1,52 times increase in knowledge and opportunities for the attitude of 1,57 times compared using the lecture methode. The conclusions of this research is the use of video media impact of premarital sexual behavior better improve the knowledge and teen attitudes than using the lecture method.