Abstrak
Penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 Pada Bagian Incomingexpress Mail Service (EMS), Kilat Khusus, Dan Pos Ekspres Di Mail Processing Center (MPC) Bandung 40400 PT. Pos Indonesia (Persero)
Muhamad Fahrurozi, Budi Harsanto
Universitas Padjadjaran, Seminar Nasional & Call For Paper, Forum Manajemen Indonesia (FMI) Ke-7“Dinamika Dan Peran Ilmu Manajemen Untuk Menghadapi AEC”Jakarta, 10-12 November 2015
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Seminar Nasional & Call For Paper, Forum Manajemen Indonesia (FMI) Ke-7“Dinamika Dan Peran Ilmu Manajemen Untuk Menghadapi AEC”Jakarta, 10-12 November 2015
Incoming MPC Bandung, iso 9001:2008, jasa, mutu, Sistem Manajemen Mutu
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 pada bagian incoming Express Mail Service (EMS), kilat khusus, dan pos ekspres di Mail Processing Center (MPC) Bandung.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif-deskriptif dengan pengolahan data primer hasil dari wawancara dengan manajer terkait dan kuesioner kepada sampel karyawan yang menjadi ruang lingkup penerapan ISO 9001:2008.Analisis kinerja sebelum dan sesudah penerapan ISO 9001:2008 menggunakan uji tanda. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa : (1) Tujuh prinsip Total Quality Management (TQM) telah diterapkan; (2) Permasalahan yang ditemukan selama penerapan ISO 9001:2008 diantaranya masih terdapat karyawan yang tidak disiplin dalam pencatatan dokumen, terdapat ketimpangan antara database lokal dan nasional, serta terjadinya salah salur kiriman barang; (3) Terdapat perbedaan kinerja sebelum dan sesudah penerapan ISO 9001:2008.