Abstrak
Peran Penerapan Model Pembelajaran Asuhan Bayi Balita Dan Anak Pra Sekolah Terintegrasi Terhadap Motivasi Dan Kompetensi Mahasiswa Serta Kepuasan Pasien Pada Praktik Klinik Kebidanan
Vera Renta S, Deni K Sunjaya, Meita Dhamayanti, Farid Husin, Nanan Sekarwarna, Rovina Ruslami, Ishak Abdulhak
Universitas Padjadjaran, Jurnal Pendidikan dan Pelayanan Kebidanan Indonesia (Indonesian Journal of Education and Midwifery Care) Volume 2 No. 5, Desember 2015, pISSN: 2407-1951, eISSN: 2442-3629
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Jurnal Pendidikan dan Pelayanan Kebidanan Indonesia (Indonesian Journal of Education and Midwifery Care) Volume 2 No. 5, Desember 2015, pISSN: 2407-1951, eISSN: 2442-3629
Competence, Integrated learning model, Kepuasan dan Kebidanan, kompetensi, model pembelajaran terintegrasi, Motivasi, Motivation, satisfaction and midwife
Bidan yang kompeten tidak hanya mampu dalam pengetahuan, sikap dan keterampilan, namun mampu memberikan asuhan yang berpusat terhadap pemenuhan kebutuhan masyarakat.Hasil uji kompetensi tahun 2013 yang dilakukan terhadap mahasiswa program studi DIII kebidanan didapatkan hanya 53 % yang lulus. Peningkatan kualitas bidan harus didukung dengan peningkatan kualitas pendidikan. Model pembelajaran terintegrasi diperlukan guna meningkatkan kualitas kompetensi bidan dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuanu ntuk menganalisis peran penerapan model pembelajaran asuhan bayi balita dan anak rasekolah terintegrasi terhadap motivasi dan kompetensi mahasiswa serta kepuasan pasien dalam praktik klinik kebidanan.Rancangan penelitian kuantitatif dengan pendekatan analitik menggunakan quasi experiment dengan pre-post test design.Populasi penelitian adalah mahasiswa DIII Kebidanan Universitas Sebelas Maret (UNS)Surakarta semester IV dan ibu yang memiliki bayi balita dan anak pra sekolah yang mendapatkan pelayanan dari mahasiswa DIII Kebidanan UNS Surakarta semester IV. Sampel penelitian adalah total populasi dengan jumlah 37 mahasiswa UNS semester IV dan 37 pasien. Penelitian dilakukan di Prodi D III Kebidanan UNS Surakarta pada bulanApril – Juli 2015.Variabelpenelitianadalahmodel pembelajaran, motivasi, kompetensi dan kepuasan. Analisis data menggunakan uji wilcoxon, chi square, spearman rank, dan regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat efek penerapan model pembelajaran asuhan bayi balita dan anak pra sekolah terintegrasi terhadap motivasi mahasiswa (52 (43-84) VS 76 (72-92),p< 0,05)dan kompetensi mahasiswa (0 VS 8). Terdapat peran kompetensi mahasiswa setelah penerapan model pembelajaran asuhan bayi balita dan anak pra sekolah terintegrasi terhadap kepuasan pasien, p< 0,05. Penerapan asuhan bayi balita dan anak prasekolah terintegrasi dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran di Institusi Kebidanan. Model pembelajaran asuhan bayi balita dan anak prasekolah terintegrasi dapat meningkatkan motivasi dan kompetensi mahasiswa pada praktik klinik kebidanan. Kompetensi mahasiswa berperan terhadap kepuasan pasien pada praktik klinik kebidanan. A competence midwife was able to give a health service focused on fulfilling public demands. The test competence among the midwife student of diploma three programme indicated that only 53% could past the test. A Process of midwife programme education was also influenced by a learning model. A integrated learning model was needed in order to improve the widwifes competence and to fulfil public demands as well. The objectives of the reasearch was to analyze the role of application integrated learning model of infant and pre school agebetween motivation and competences of students with patients satisfaction in midwife practice clinic.The research was a quantitative study with analytical approach used the quasi experiment with pre post test design. The population was 37 midwife diploma students in 4 th semester of SebelasMaret University Surakarta and that gave health services to 37 infant and pre school age mothers. The samples were total population samples. The research was located in midwife diploma programme of SebelasMaret University Surakarta on April to July 2015. The research variablesaremodelof learning, motivation, competenceandsatisfaction.The data were analyzed by using Wilcoxon, Rank Spearman, Chi Square and logistic binary regression.The result of the research showed that the effect ofthe application of learning model of infant and pre school age on the motivation ofthe students (52 (43-84) vs.76(72-92)and competence of students (0vs8),p<0.05. Students competenceare ruledto mothers satisfaction inmidwife clinic practice afterapplication of the integrated learning model of infant and pre school age, p<0.05. Integrated learning model of infant and pre school age canbe an alternativ elearning. Integrated learning model of infant and pre school age can increase student motivation and competence inclinical practice midwife. Students competence are ruled to mothers satisfaction in midwife clinic practice.