Abstrak
“sahabat Ibu Balita”: Aplikasi Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Keterampilan Ibu Tentang Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak (Smartphone Apllication: Apllication To Increase Knowledge And Skill Mothers About Childs Growth And Development)
Susilawati, Kusnandi Rusmil, Meita Dhamayanti
Universitas Padjadjaran, Jurnal Kesehatan Al-Irsyad (JKA), Vol. X, No. 1. Maret 2017
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Jurnal Kesehatan Al-Irsyad (JKA), Vol. X, No. 1. Maret 2017
Anak, aplikasi, application, child, Development, growth, Keterampilan, knowledge, pengetahuan, perkembangan, pertumbuhan, skill
Orangtua perlu melakukan proses pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anaknya. Pemantauan dapat menggunakan media aplikasi yang berbasis internet. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh aplikasi “Sahabat Ibu Balita” terhadap pengetahuan dan keterampilan ibu dalam pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimental design dengan rancangan pre and post test with control group design. Sampel diambil dengan metode cluster sampling, terpilih 53 responden tanpa aplikasi dan 53 responden menggunakan aplikasi“Sahabat Ibu Balita” selama satu bulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan bermakna antara pengetahuan-keterampilan pretest dan posttest pada kelompok intervensi (p value < 0,001), serta terdapat perbedaan bermakna antara pengetahuan-keterampilan posttest pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol (p value < 0,001). Simpulan penelitian ini adalah penerapan aplikasi dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu dalam pemantauan pertumbuhan dan perkembangan balita. Penggunaan aplikasi “Sahabat Ibu Balita” dapat digunakan di posyandu dalam pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak. The parents need monitoring growth and development of children. Monitoring the growth and development can use internet-based media applications. This study aimed to determine the effect of the application "Sahabat Ibu Balita" (SIB) on knowledge and skill monitoring growth and development children. This study using quasi-experimental design with a pre and post test design with control group design. The sampling technique used a cluster sampling. 53 respondents control is not given application and 53 respondents given the application SIB, It given for one month. Results is a significant differences the knowledge and skill mother before between after using SIB at intervention group (p-value <0.001) and showed a significant difference knowledge and skill mother control group between intervention group (p-value <0.001). The SIB have a positive effect on increase mother knowledge and skill mother to monitoring child growth and development. The recommendation is the SIB can used to complement Posyandu proggrame to monitoring child growth and development.