Abstrak
Psychoeducational Support Group Terhadap Resiliensi (Studi Kasus Pada Caregiver Pasien Chronic Kidney Disease Yang Menjalani Hemodialisa)
Nadya Ariyani Hasanah Nuriyyatiningrum
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
Caregiver, chronic kidney disease, Psychoeducational Support Group, Resilience, Resiliensi
Hemodialisa sebagai sebuah terapi pengganti fungsi ginjal untuk pasien chronic kidney disease harus dilaksanakan secara rutin sepanjang hidup pasien. Rutinitas sebagai pasien chronic kidney disease membuat pasien membutuhkan peran caregiver dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, namun demikian individu menjadi caregiver atas dasar norma eksternal, tidak siap, kurang mendapatkan dukungan, dan mengalami kesulitan fisik maupun psikis padahal caregiver menjadi pusat pemberi semua bentuk dukungan bagi pasien. Menjadi caregiver yang resilien merupakan hal yang penting dalam kondisi tersebut. Psychoeducational support group bisa memberikan edukasi mengenai kondisi yang sedang dihadapi sekaligus menciptakan sumber dukungan sosial bagi anggotanya, sehingga diharapkan caregiver dapat beradaptasi secara sukses ketika menghadapi kondisi sulit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana efek dari psychoeducational support group terhadap resiliensi caregiver pasien chronic kidney disease yang menjalani hemodialisa. Partisipan penelitian berjumlah 5 orang. Penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan mixed method menggunakan concurrent embedded strategy yang mana menggunakan data primer kualitatif. Data kualitatif dianalisis menggunakan thematic analysis sedangkan data kuantitatif menggunakan uji wilcoxon signed ranks. Hasil dari data kualitatif adalah para partisipan menyatakan bahwa terdapat peningkatan terhadap tingkat keberhasilannya dalam merawat pasien, meskipun dari data kuantitatif terlihat bahwa psychoeducational support group tidak memberikan perubahan signifikan terhadap skor resiliensi, namun dari. Berdasarkan data kualitatif pun para partisipan dapat mengungkapkan peningkatan pada aspekaspek resiliensi, mulai dari personal security, strong self belief, hingga meaning and purpose. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa psychoeducational support group memberikan efek positif pada peningkatan resiliensi para caregiver.
Hemodialysis as a substitute of therapy for chronic kidney disease patient, must be routine in a whole patient life. The condition of chronic kidney disease patient make them need caregiver role for doing daily activity. The reason someone becomes caregiver is external norm. they are also unready, less of support, and get physical also psychological difficulties to become caregiver, even caregiver becomes the centre of all support kinds for patient. Becoming resilient caregiver is an important thing in the condition. It is important to be able become a resilient caregiver. Psychoeducational support group can educate about real condition also create the source of social support for caregiver as its participants, so they can adapt successfully when facing difficulties. The aim of this research is to understand effect of psychoeducational support group toward resilience at caregiver chronic kidney disease patient with hemodialysis. Total participants were 5 people. This research was case study with mixed method using concurrent embedded strategy which qualitative become primary data. Qualitative data analysis was thematic analysis and quantitative data analysis was wilcoxon signed ranks test. The result was qualitative data of all participant informed that there were increasing of success level of caring, although quantitative wasn’t give significant change of resilience score. Based on qualitative data, participants told about the increase of each resilience aspects, include personal security, strong self belief, and meaning and purpose. This research concluded that psychoeducational support group give positive effect toward resilience of caregiver.