Abstrak
Pelatihan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Ibu Mengenai Prinsip-Prinsip Pendampingan Anak dengan Mild Intellectual Disability Usia 7-10 Tahun
Vindya Anjar Pramesti, Dr. Hendriati Agustiani, M.Si, Langgersari Elsari N., M.Psi
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
caring principles, knowledge, Mild Intellectual Disability, pelatihan, pengetahuan, Prinsip Pendampingan Anak, Training
Setiap anak di dunia ini memiliki kecerdasan yang berbeda-beda. Ada yang dengan sangat mudah menerima suatu informasi adapula yang kesulitan dalam menerima informasi. Anak-anak yang mengalami kesulitan dalam menerima informasi dikenal sebagai anak dengan intellectual disability. Intellectual disability merupakan keterbatasan fungsi intelektual dan perilaku adaptif yang ditampilkan secara konseptual, sosial dan adaptasi secara praktis. Intellectual disability terbagi menjadi empat kategori, yang paling ringan dinamakan mild intellectual disability. Mengingat keterbatasan yang dimiliki anak mild intellectual disability, maka diperlukan pendampingan yang tepat dari orang tua. Pendampingan yang kurang tepat membuat anak menjadi kurang optimal dalam perkembangannya. Pendampingan merupakan suatu cara atau metode yang dilakukan oleh seseorang untuk membuat orang lain dapat memenuhi tuntutan kehidupannya sendiri tanpa harus terus-menerus membutuhkan bantuan orang lain. Penelitian berupa pelatihan ini dilakukan agar pengetahuan orang tua, khususnya ibu, mengenai kondisi anak mild intellectual disability dapat meningkat serta mampu mendampingi dengan tepat sesuai kebutuhan anak. Setelah melakukan perancangan modul pelatihan, peneliti melaksanakan proses validasi dan uji coba menggunakan metode kuasi eksperimen dengan rancangan one group pretest posttest. Penelitian ini melibatkan empat orang ibu yang memiliki anak mild intellectual disability yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan kuesioner. Alat ukur yang digunakan adalah prinsip pendampingan yang diturunkan dari teori Milton Mayeroff (1971). Alat ukur ini sudah divalidasi oleh dua orang psikolog dan memiliki reliabilitas senilai 0.904. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan pengetahuan ibu mengenai prinsip-prinsip pendampingan anak dengan mild intellectual disability senilai 16-28%. Dapat disimpulkan bahwa program pelatihan yang diujicobakan dapat meningkatkan pengetahuan ibu mengenai prinsip pendampingan anak mild intellectual disability usia 7-10 tahun.
Every child has different intellectual ability. Some children can receive information easily while the others need more time to process the information first. Children that had difficulty in processing information are known as children with Intellectual Disability. Intellectual Disability is a condition with limitation in intellectual functions and adaptive behavior that shown by conceptual, social, and adaption practically. There are four categories of Intellectual Disability; the lightest condition is called Mild Intellectual Disability. This condition needs the right caring methods to increase children’s ability. If it is not, children’s development might be less than it should be. Caring, as helping another grow and actualize himself, is a process, to help someone fulfil their own needs without having to bother others. This research aims to increase parent’s knowledge, especially mother, by providing information for them about Mild Intellectual Disabilities and how to practice caring methods based on children needs. After the training modules was complete, the next step was validation processes and try out with one group pre-test post-test quasi experiment method. Based on purposive sampling technique, there were four mothers who have children with Mild Intellectual Disability as a subject. Data obtained by interview, observation, and questioner methods. This research was using developed caring principles by Milton Mayeroff (1971) as a measuring instrument. This measurement has validated by two psychologists with reliability 0.904. The result shows there is 16% – 28% significant increase of mother’s knowledge about caring principles for children with Mild Intellectual Disability. It can be concluded that the pilot training program can improve mother’s knowledge on caring principles for children with Mild Intellectual Disability age 7 – 10 years old.