Abstrak
Rancangan Pelatihan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Ibu Dalam Mengatasi Perilaku Agresif Yang Ditampilkan Anak Intellectual Disability Kategori Moderate
Dyah Nita Fitriani, Dr. Poeti Joefiani, M.Si., Psikolog, Laila Qodariah, S.Psi,M.Psi., Psikolog
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
Aggressive Behavior, instructional design, intellectual disability, Mothers’ Knowledge, Pelatihan Ibu, Pengetahuan Ibu, Perilaku Agresif, single subject design, Training
Pada beberapa anak intellectual disability kerapkali ditemukan bahwa anak bukan hanya memilki masalah dalam perkembangan kecerdasan dan adaptifnya, namun juga menampilkan masalah emosional dan perilaku. Salah satu perilaku bermasalah yang paling umum muncul adalah perilaku agresif. Perilaku agresif ini perlu ditangani dengan segera, karena perilaku agresif dapat memberikan dampak negatif. Perilaku agresif yang ditampilkan anak memiliki resiko menimbulkan cedera baik bagi dirinya maupun orang-orang disekitarnya. dari beberapa penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa pada banyak klien moderate intellectual disability, perilaku perilaku agresif dipertahankan dan secara positif diperkuat oleh kejadian sosial . Maka intervensi yang akan diterapkan pada anak dengan agresi ini dapat dilakukan pada orang-orang yang berada disekitar anak. Oleh karena itu peneliti merancang sebuah modul pelatihan yang bertujuan meningkatkan pengetahuan ibu dalam mengatasi perilaku agresif yang ditampilkan anak intellectual disability kategori moderate.Penelitian ini terdiri dari dua tahapan, studi I perancangan pelatihan meningkatkan pengetahuan ibu dalam mengatasi perilaku agresif yang ditampilkan anak intellectual disability kategori moderate. Menggunakan pendekatan instruksional design, serta dilakukan uji validasi melalui proses expert review. Dilanjutkan studi II, uji coba rancangan pelatihan untuk melihat apakah adanya peningkatan pengetahuan ibu setelah diberikan pelatihan. Subjek adalah 2 ibu dengan usia 38 dan 49 tahun yang memiliki anak intellectual disabilities kategori moderate . Uji coba menggunakan pendekatan single subject (small-n) experiment design dengan desain pretest posttest. Data diperoleh melalui kuisioner pengetahuan yang berisi 69 soal selama pengukuran awal dan pengukuran akhir, yang dianalisa secara deskriptif. Hasil penelitian studi I, didapat rancangan dan modul pelatihan meningkatkan pengetahuan ibu dalam mengatasi perilaku agresif yang ditampilkan anak intellectual disability kategori moderate, dengan materi disajikan dalam bentuk slide power point yang berisi tulisan, gambar,dan video yang dapat membantu pembelajaran ibu mengenai teknik mengatasi perilaku agresif yang ditampilkan anak intellectual disability kategori moderate . Hasil studi II, menunjukkan tidak terdapat peningkatan pengetahuan ibu mengenai teknik mengatasi perilaku agresif yang ditampilkan anak intellectual disability kategori moderate
In some children with intellectual disability are often found that children not only have problems in the intelligence and adaptive development, but also display emotional and behavioral problem. One of the most commonly problematic behaviors that arise is aggressive behavior. This aggressive behavior needs to be dealt with immediately, because aggressive behavior can cause negative impacts. Aggressive behavior displayed by the children has a risk of injury to both themselves and people around them. From previous several studies showed that in many children with moderate intellectual disability, aggressive behavior is maintained and positively reinforced by social events. Therefore, the intervention that will be applied to children with this aggression can be done to the people around the children. Accordingly, the researcher designed a training module that aims to improve the mothers’ knowledge in overcoming the aggressive behavior that is shown by the children with moderate intellectual disability. This research consists of two stages, study I : training design to improve mothers’ knowledge in overcoming children with moderate intelectual disalibility’s aggressive behavior using instructional design approach, and validation test through expert review process. Followed by study II, a trial of a training design to see if there is an increase in mothers’ knowledge after training. Subjects in this study were 2 mothers (age 38 and 49 years old) who had children with moderate intellectual disabilities. The trial used single subject approach (small-n) experiment design with pretest-posttest design. Data were obtained through a questionnaire of 69 questions during the initial and final measurements, that analyzed descriptively. The results of the study I study, has found that the design and training module improved the mothers’ knowledge in children with moderate intelectual disalibility’s aggressive behavior, with the material presented in the powerpoint slides containing writing, drawing, and video that can help the mothers’ learning technique. The result of study II showed that there is no improvement of mothers’ knowledge about technique to overcome children with moderate intelectual disalibility’s aggressive behavior.