Abstrak
Rancangan Program Intervensi Menggunakan Prinsip-Prinsip Parent Child Interaction Therapy (PCIT) untuk Menurunkan Sibling Rivalry pada Middle Childhood.
Sarah F Fathoni
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
Middle Childhood, Parent-Child Interaction Therapy (PCIT), sibling relationship, Sibling Rivalry
Adanya perbedaan perlakuan yang sadar atau tidak sadar orang tua lakukan terhadap anak dapat memicu munculnya rasa cemburu, persaingan, dan marah/kesal dalam diri anak. Terutama ketika anak berada dalam usia middle childhood yang peka terhadap penilaian atas kemampuan dirinya. Persepsi anak bahwa ada perbedaan perlakuan yang orang tua lakukan terhadap dirinya dan adik dapat menjadi faktor tingginya sibling rivalry pada anak. Dirancanglah suatu intervensi untuk menurunkan sibling rivalry pada anak yaitu dengan menggunakan prinsip-prinsip Parent Child Interaction Therapy (PCIT). Orang tua dilatih untuk dapat memenuhi dua kebutuhan anak yaitu kasih sayang dan batasan prilaku, berfokus pada menciptakan interaksi orang tua dan anak yang optimal melalui pendekatan teori kelekatan dan pembelajaran sosial. Dalam penelitian ini terdapat dua studi yang dilakukan, yang pertama melakukan modifikasi terhadap rancangan program intervensi dan yang kedua melakukan uji coba terhadap rancangan program intervensi tersebut. Dalam proses perancangan dilakukan proses validasi oleh ahli PCIT, sedangkan metode yang digunakan dalam uji coba adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian A-B-A. Partisipan penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling melibatkan dua pasang ibu dan anak. Dalam penelitian ini digunakan dua alat ukur, yaitu alat ukur sibling rivalry berupa kuesioner, dan panduan observasi milik PCIT yaitu Dyadic Parent Child Interaction Coding System III (DPICS III). Berdasarkan hasil uji coba intervensi, terlihat peningkatakan relasi ibu dan anak yang ditandai dengan meningkatknya kemampuan ibu dalam melakukan keterampilan yang diajarkan dalam PCIT, diiringi dengan penurunan skor sibling rivalry pada anak. Peningkatan kemampuan ibu dalam merespon anak, membangun hubungan yang hangat dengan anak, dan juga memberi perintah yang efektif ketika berinteraksi dengan anak di kesehariannya membuat anak merasa memiliki hubungan yang secure dengan ibu dan membuat anak merasa lebih diperhatikan dan disayang. Sehingga kecemburuan, persaingan, dan rasa marah/kesal pada adik berkurang.
Any difference in the treatment that the conscious or unconscious parents do to the child can trigger the emergence of jealousy, competition, and resentment. Especially when child is in middle chidhood, who is sensitive about the assessment of his ability. Children’s perception of the parent’s differences treatment (toward themselves and his/her younger siblings) can be a factor of high level of sibling rivalry. An intervention was designed to decrease sibling rivalry using Parent Child Interaction Therapy (PCIT) principles. Parents are trained to be able to meet two basic needs of children, affection and behavioral boundaries. And parents are trained to focused on creating an optimal parentchild interaction, using two basic theory of PCIT (attachmnet theory and social learning theory). There’are two studies that used in this research, first modifying the design of the intervention program, and second testing the design of intervention program with try out. The program validitated by PCIT expert, and then tried out by using quasi experimental method,with A-B-A design. Two pairs mom and child was involved in this research. The participants were selected using purposive sampling technique. This research used two measuring instruments, a sibling rivalry questionaire, and observational guidelines from PCIT called Dyadic Parent Child Interaction Coding System III (DPICS-III). Based on the results of intervention, there is some enhancement of parent child interaction, characterized by the increased ability of mother’s, based on PCIT skills that has been thaught accompanied by decreased sibling rivalry score in children. Increased mother’s ability to respond to their children, builing a warm relationship with children, also giving effective command in intervension session and in their daily life make children feel a secure about their relationship with his/her mother, and make children feel more loved by mother. Their perception change, so we can see that jealousy, competition, and resentment towards younger siblings reduced.