Abstrak RSS

Korelasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa Program Studi Profesi Dokter (PSPD) dan Nilai Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD)

Korelasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa Program Studi Profesi Dokter (PSPD) dan Nilai Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD)
Nur Melani Sari, Hanifa Affiani, Sari Puspa Dewi, Kurnia Wahyudi, Achadiyani, Susi Susanah, Dany Hilmanto
Universitas Padjadjaran, Jurnal Kedokteran Unila Volume 1 Nomor 2 Oktober 2016
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Jurnal Kedokteran Unila Volume 1 Nomor 2 Oktober 2016
, , , , , , ,

Proses penjaminan mutu kualitas sistem pembelajaran merupakan hal strategis yang diimplementasikan institusi pendidikan. Pengukuran tingkat kepuasan mahasiswa adalah salah satu metode evaluasi kualitas pelayanan pendidikan, sedangkan hasil UKMPPD adalah aspek lain evaluasi untuk menilai luaran. Kedua metode tersebut bermanfaat sebagai alat ukur bagi insitusi pendidikan untuk menentukan kekuatan dan mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan.Tujuan penelitian untuk mengetahui korelasi antara tingkat kepuasan mahasiswa PSPD dengan nilai OSCE dan CBT UKMPPD. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan desain potong lintang. Subjek penelitian adalah mahasiswa PSPD angkatan 2015–2016 yang telah menyelesaikan seluruh rotasi klinik. Jumlah sampel penelitian 97 orang, ditentukan melalui teknik sampling acak. Kuesioner terdiri dari 31 pertanyaan disusun menggunakan adaptasi Servqual dengan menentukan kesenjangan (gap) antara harapan dan persepsi menggunakan skala Likert1–5. Penilaian dilakukan terhadap 5 domain yaitu keandalan, jaminan, bukti fisik, empati, dan daya tanggap. Pengambilan data kuesioner dilakukan 1 bulan sebelum dilakukan UKMPPD. Metode korelasi Spearman digunakan untuk mengolah data penelitian. Hasil penelitian didapatkan nilai rerata UKMPPD CBT dan OSCE masing-masing adalah 81,6+ 3,4 SD dan 77,76+4.5 SD, sedangkan tingkat kepuasan mahasiswa PSPD rata-rata rendah pada seluruh domain dengan aspek keandalan (tangibles) yang memiliki tingkat kepuasan paling rendah. Analisis korelasi antara tingkat kepuasan rata-rata dan ujian akhir UKMPPD CBT atau OSCE UKMPPD didapatkan korelasi negatif masing-masing rs= -0,11 95% CI (-0.31-0.09) p = 0,26; rs = -0,06 95% CI (-0.28-0.15) p = 0,52). Analisa lanjutan tiap domain menunjukkan korelasi negatif yang tidak signifikan. Tingkat kepuasan mahasiswa PSPD tidak berkorelasi dengan hasil UKMPPD. Tingkat kepuasan mahasiswa harus turut menjadi perhatian dari fakultas melalui inovasi program pendidikan kedokteran yang transformative.

Continuous assessments of the quality learning system are mandatory. The measurement of student satisfaction is one of the component evaluations of learning system, whereas the final exam result is the other aspect of outcome assessment. Both can be useful for faculty to help them determined their strengths and identified areas for improvement. The aim of this study to investigate the correlation between students’ satisfaction and study performance through UKMPPD score. This was a descriptive analytic study with cross sectional design. All the students met the inclusion criteria were enrolled to the study (n: 97) through simple random sampling. Inclusion criteria were clerkship program student batch 2015-2016 who completed all the clinical rotation, the exclusion was the uncompleted questionnaire item. The questionnaire consists of 31 questions to which student were asked to respond five point Likert scale on 5 domains (reliability, assurance, tangibles, empathy, and responsiveness). Each domain classified as expectation and reality section. The questionnaire was taken 1 month before UKMPPD was held. Competency test was referred to Competency Exam Student Doctor Profession Program (UKMPPD) consisted of CBT and OSCE score. The correlation between gap score and score of CBT/OSCE analyzed by Spearman methods. The study found that the learning process in clerkship program did not meet the expectations of students in all five dimensions of service quality. The correlation analysis between the gap score and final exam(CBT or OSCE) were observe that there were low negative correlation rs= -0.11 95%CI (-0.31–0.09)p=0.26; rs= -0.06 95%CI (-0.28–0.15) p=0.52) respectively. The satisfaction level was not correlated with the national competency exam result. This discrepancy results should also be a major concern from the faculty to innovate transforming program.

Download: .Full Papers