Abstrak RSS

Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Tahap Sarjana dan Hasil Multidisciplinary Examination (MDE) sebagai Prediktor Kelulusan CBT UKMPPD pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Periode 2015-2016 (Grade Point Average (GPA) and Multidisciplinary Examination (MDE) Results as Predictor of CBT UKMPPD in Undergraduate Medical Students of Universitas Padjadjaran Batch 2015-2016)

Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Tahap Sarjana dan Hasil Multidisciplinary Examination (MDE) sebagai Prediktor Kelulusan CBT UKMPPD pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Periode 2015-2016 (Grade Point Average (GPA) and Multidisciplinary Examination (MDE) Results as Predictor of CBT UKMPPD in Undergraduate Medical Students of Universitas Padjadjaran Batch 2015-2016)
Yuni Susanti Pratiwi, Susi Susanah, Achadiyani, Dany Hilmanto
Universitas Padjadjaran, JK Unila Volume 1 Nomor 2 Oktober 2016
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, JK Unila Volume 1 Nomor 2 Oktober 2016
, , , , ,

Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) adalah uji kompetensi yang bersifat high-stake exam di tataran nasional sebagai salah satu upaya penjaminan mutu pendidikan tinggi bidang kesehatan sesuai dengan amanah UU No.12/2012. Kompetensi akan dicapai mahasiswa setelah melalui proses pembelajaran terstruktur berbasis kompetensi. Kurikulum, proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran yang sesuai dan berbasis kompetensi sejak tahap sarjana akan menjadi alur yang jelas untuk kelulusan mahasiswa pada UKMPPD. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis apakah IPK tahap Sarjana dan skor MDE dapat menjadi prediktor kelulusan UKMPPD. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif analitik dengan populasi adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran yang mengikuti UKMPPD periode Februari 2015 sampai dengan Agustus 2016 sebanyak 524 peserta. Analisis data menggunakan analisis uji korelasi (Pearson Correlation).Hasil penelitian diperoleh korelasi antara antara nilai IPK tahap Sarjana dengan skor CBT UKMPPD begitu juga dengan rata-rata skor MDE tahap Sarjana dengan skor CBT UKMPPD.Simpulan.Hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dan metode evaluasi pembelajaran berkaitan erat dengan kelulusan mahasiswa pada UKMPPD sebagai refleksi kompetensi mahasiswa. Hasil ini menunjukkan bahwa IPK dan rata-rata nilai MDE tahap sarjana dapat menjadi prediktor skor kelulusan CBT UKMPPD. Hal ini juga menunjukkan bahwa kelulusan mahasiswa pada UKMPPD merupakan suatu proses berkelanjutan dari tahap sarjana dan profesi. Penelitian selanjutnya pada aspek OSCE UKMPPD sebaiknya dilakukan untuk melengkapi analisis selanjutnya terkait hal ini.

Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) is a competency-based test that is high-stakes exam at national level as one of the higher education quality assurance efforts of the health sector in accordance with the mandate of Law No.12 / 2012. Competence will be achieved after the student through a structured learning mostly using competence-based curriculum. Appropriate curriculum, learning process and evaluation since undergraduate phase will be a clear pathway to student’s successfulness in UKMPPD. This study was conducted to analyze whether the GPA and score MDE at Bachelor phasecan be a predictor of UKMPPD score. This study used a descriptive analytic design with a population is Padjadjaran University Faculty of Medicine students who follow UKMPPD period February 2015 until August 2016 as many as 524 participants. The data then analyzed using correlation test (Pearson Correlation). The results obtained by the correlation between the GPA Bachelor phase with a score of CBT UKMPPD as well as the average score MDE Bachelor phase with a score CBT UKMPPD. This suggests that the process of learning and evaluation methods learning is closely related with the graduation on UKMPPD as a reflection of student competency. It also shows that the graduation on UKMPPD is a continuous process of graduate and professional stage. Subsequent research on aspects UKMPPD OSCE should be done to complete further analysis in this regard.

Download: .Full Papers