Abstrak
Analisis Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Ikan Hias Koi Pada CV. Koi Collection Kota Bekasi
Roy Docklas, Zuzy Anna, Rita Rostika
Universitas Padjadjaran, Jurnal Perikanan dan Kelautan Vol. 2. No. 4, Desember 2011: 61-69, ISSN : 2088-3137
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Jurnal Perikanan dan Kelautan Vol. 2. No. 4, Desember 2011: 61-69, ISSN : 2088-3137
koi, QSPM, Strategi, Strategy, swot
Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasikan faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pengembangan usaha pada CV Koi Collection, merumuskan dan memilih alternatif strategi yang dapat digunakan oleh CV Koi-Collection, serta merumuskan prioritas strategi pada CV Koi-Collection. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Data diperoleh dari instansi terkait dan wawancara langsung dengan karyawan CV Koi Collection. Analisis yang dilakukan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Perumusan strategi menggunakan perangkat SWOT dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CV Koi Collection untuk kondisi saat ini cocok menerapkan strategi agresif. Strategi pilihan yang diprioritaskan untuk mendukung strategi tersebut yaitu mempertahankan dan meningkatkan kualitas koi serta hubungan dengan konsumen dengan pengawasan produksi dan layanan. Alternatif strategi yang dapat digunakan yaitu meningkatkan jumlah produksi, meningkatkan teknologi produksi dan kesejahteraan, menghasilkan jenis koi yang variatif, membuat perencanaan produksi, atau mengoptimalkan kegiatan promosi.
The purpose of the research were identified the external and internal factor which change business development from CV Koi Collection, formulating and selecting alternative strategy which CV Koi Collection can used, and formulate a strategy priority from CV Koi Collection. The method which used in the research is a case study. The data obtained from related institution and direct interview with the staff from CV Koi Collection. The analyses which use is qualitative and quantitative analyses. The strategy’s formula used SWOT and QSPM equipment. The research results showed that the present condition from CV Koi Collection suitable to apply aggressive strategy. The option strategy prioritized to support the strategy which is to preserve and increase the koi quality along the relationship between the costumer with production supervision and services. The alternative strategies which can be used to increase the production quantities, technology’s product and welfare, generate variation koi species, created a production plans, or optimize promotion event.