Abstrak RSS

Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Bagi Para Guru SMPN 2 Kawali Desa Citeureup Kabupaten Ciamis

Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Bagi Para Guru SMPN 2 Kawali Desa Citeureup Kabupaten Ciamis
Budiana, H.R., Sjafirah, .A., Bakti, I.
Universitas Padjadjaran, Dharmakarya Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat Vol. 4 No. 1 Mei 2015, 59-62, ISSN 1410-5675
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Dharmakarya Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat Vol. 4 No. 1 Mei 2015, 59-62, ISSN 1410-5675

Pengembangan dan penggunaan Teknologi lnformasi dan komunikasi (TIK) dalam pendidikan dapat membuat reformasi untuk sistem pendidikan yang lebih baik. Ketika survei pertama di SMP (SMP) Negeri 2 Kawali,guru menghadapi beberapa kesulitan dalam menerapkan (ICT) dalam proses belajar mengajar di sekolah, karena tidak adanya infrastruktur seperti laboratorium komputer. jaringan internet. serta penguasaan TIK dari guru. Program pelayanan masyarakat seperti pelatihan ICT untuk guru di SMPN 2 Kawali. Desa Citereup dengan memberikan pengetahuan dan penggunaan ICT dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah: ceramah, diskusi, dan praktek/pelatihan. Aplikasi mereka ditawarkan adalah flash, e-learning. pembelajaran sistem manajemen hanya merupakan pengantar saja dan lebih dalam di Microsoft Word. Setelah menghadiri acara pelatihan ini, guru memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang keragaman aplikasi ICT. Selain itu, motivasi besar bangkit dari guru untuk dapat mengontrol dan mengoptimalkan penggunaan ICT untuk mengajar dan belajar di kelas

The development and the use of Information and communication Technology (ICT) in education can make the reformation for a better education system. When the first survey in Junior High School (SMP) Negeri 2 Kawali, teachers faced some difficulties in implementing (ICT) in teaching and learning at schools. due to the absence of infrastructure such as computer labs. Internet network. as well as the mastery of ICT from the teachers. Community service programs such as ICT training for teachers in SMPN 2 Kawali. Citereup village by providing the knowledge and use of ICT in the learning process. The methods used are: lectures. discussion, and practice/training. The application they are offered are flash, e-learning, learning management system is only an introduction only and more deeper in Microsoft Word. After attendtng this training event, teachers have the knowledge and understanding of the diversify of ICT applications. In addition. big motivations rise from teachers to be able to control and optimize the use of ICT for reaching and learning in the classroom.

Download: .Full Papers