Abstrak
Hubungan Achievement Emotions Dengan Learning Strategy Pada Mahasiswa Universitas Padjadjaran Yang Sedang Menyusun Skripsi
Sudarmo Wiyono, Drs., M.Si., Surya Cahyadi_ Dr., M.Psi.
Universitas Padjadjaran, Laporan Penelitian Dana Hibah Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran, Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Laporan Penelitian Dana Hibah Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran, Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran
achievement emotion, Emosi, mahasiswa, skripsi, strategi belajar
Skripsi adalah mata kuliah yang wajib dihadapi oleh semua mahasiswa sebagai syarat kelulusan. Namun, tidak semua mahasiswa merasa senang menghadapi pengerjaan skripsi. Hal ini menyebabkan pengerjaan skripsi mahasiswa menjadi terhambat. Menurut Pekrun (2014), emosi yang dirasakan dalam proses pembelajaran akan memengaruhi proses pembelajaran dan berkaitan dengan pencapaian proses pembelajaran tersebut. Penelitian ini ditujukan untuk melihat hubungan dari emosi atau yang dikenal dengan achievement emotion pada konteks akademik, dengan penggunaan strategi belajar pada pengerjaan skripsi. Sampel penelitian ini terdiri dari 457 orang mahasiswa dengan menggunakan cluster random sampling dalam penentuan jumlah sampelnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa semua emosi positif, yaitu emosi menikmati, berharap, bangga, dan lega memiliki korelasi positif dengan penggunaan semua strategi belajar, yaitu pengulangan, pengelaborasian, dan pengorganisasian dengan korelasi diatas 0,3. Kemudian pada emosi negatif, emosi marah, putus asa, dan cemas memiliki korelasi negatif terhadap penggunaan semua strategi belajar dengan korelasi dibawah -0,1. Sedangkan untuk emosi malu dan cemas hanya memiliki korelasi negatif terhadap penggunaan strategi pengorganisasian. Hasil ini didapat dengan menggunakan tingkat kepercayaan sebesar 95%. Hal ini berarti, semakin tinggi emosi positif yang dirasakan oleh mahasiswa Universitas Padjadjaran, maka penggunaan strategi belajar dalam pengerjaan skripsi akan semakin meningkat; dan semakin tinggi emosi negatif yang dirasakan oleh mahasiswa Universitas Padjadjaran maka penggunaan strategi belajar dalam pengerjaan skripsi akan semakin menurun.