Abstrak
Corsi Block Tapping Taskversi Digital Tablet: Emosi Positif Dan Kapasitasvisuospatial Working Memory Pada Konteks Penghapal Qur’an
Evi Afifah Hurriyati, Nanda Annisa, Efi Fitriani, Surya Cahyadi, Wilis Srisayekti
Universitas Padjadjaran, Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia Peran Psikologi Perkembangan dalam Penumbuhan Humanitas pada Era Digital 22-24 Agustus 2017, Hotel Grasia, Semarang
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia Peran Psikologi Perkembangan dalam Penumbuhan Humanitas pada Era Digital 22-24 Agustus 2017, Hotel Grasia, Semarang
Corsi Block Tapping Task, Emosi, remaja, Visuo-Spatial, Working Memory
Menghapal dan menjaga hapalan teks membutuhkan encoding strategies, salah satunya adalah visual imagery. Keterampilan tersebut diharapkan membantu proses encoding teks ke dalam penyimpanan visuospatial working memory.Kapasitas working memory adalah sejumlah informasi yang dapat disimpan dalam pikiran dan digunakan dalam mengeksekusi tugas–tugas kognitif (Baddeley, 2003, Cowan, N, 2014).Corsi block tapping task digunakan untuk menilaivisuospatial working memory (Trick, Mutreja, Hunt, 2011). Emosi positif dapat meningkatkan working memory (Katzir, Tal Eyal, Nachshon Meiran, and Yoav Kessler, 2010; Yang, H., Yang, S., & Isen, A. M, 2013; Storbeck, J., & Maswood, R, 2016). Tujuan penelitian untuk melihat bagaimana emosi positif dapat meningkatkan kapasitas visuo-spatialworking memory pada remaja penghapal Qur’an. Desainpenelitian menggunakan true experiments denganWiththin-Subject Group Designs (pretest–posttest). Tayangan humor “Waktu Indonesia Bercanda (WIB)” episode 29 Januari 2017 digunakan untuk menginduksi emosi, SAM (SelfAssessment Manikin) scaledigunakan untuk mengukur keadaan emosidanCorsi block-tapping testdigunakanuntuk mengukurkapasitas visuo-spatial working memory. 46 remaja(26 laki-laki, 20 perempuan) penghafal Qur’an di pesantren Al-Hikmah Bogor dengan rentang usia 11-15 tahun. Berdasarkan uji Wilcoxon diperoleh hasiladanyaperbedaanskor visuo-spatial working memory task untukpre testdanpost test, sehinggadisimpulkan pula bahwa ada pengaruh induksi emosi positif terhadap kapasitas visuo-spatial working memory.Dopamin mengaktifkan bagian hipokampus sehingga informasi yang disimpan dalam memori mampu bertahan dan dapat melakukan recall informasi tersebut (Chowdhury, 2012).