Abstrak
Terpaan Program Kesehatan Di Televisi Terhadap Pembelian Produk Kesehatan Industri Farma Di Kota Bandung
Aat Ruchiat Nugraha, Lukiati Komala Erdinaya
Universitas Padjadjaran, Jurnal Visi Komunikasi Volume 14 Nomor 2 Januari 2017, ISSN 1412-3037
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Jurnal Visi Komunikasi Volume 14 Nomor 2 Januari 2017, ISSN 1412-3037
exposure, farmasi, health, kesehatan, pembelian, pharmacy, purchase, Sikap, Televisi, television. attitude, terpaan
Kesehatan masyarakat perkotaan kini tergantung pada penyebaran infonnasi yang dilakukan oleh media massa yang semakin bersifat masif, testruktur dan sistematis dalam membujuk para penontonnya. Sebagai bagian dari realitas kehidupan, media massa, khususnya tayangan di teievisi telah memberikan suatu pengharapan yang nyata ataupun semu bagi para penonton yang mempercayainya dengan seksama. Hal ini terungkap dalam kenyataan masih banyaknya masyarakat, yang mempercayai suatu tayangan program acara kesehatan yang dapat menyembuhkan kesehatannya. Fenomena ini dapat terjadi karena regulasi dan sistem pengawasan distribusi penyiaran dan obatĀobatan di lndonesia masih “cukup longgar” sehingga banyak masyarakat yang terbujuk untuk sesegera mungkin membeli produkĀproduk kesehatan, khususnya obat non resep yang ditayangkan oleh stasiun televisi swasta nasional maupun daerah.
Urban community health now depends on the dtssemtnation of information earned by the mass media increasingly is massive, and systematic testruktur in persuading the audience. As part of the reality of life. the mass media, especially 011 television has given a hope of real or apparent to the audience who believe it carefully. It is revealed in the fact there are many people, who believe in a run heultn program that can cure health This phenomenon may occur due to the regulatory and supervisory system broadcast distribution and drugs in Indonesia is still “moderately loose” so many people are persuaded to immediately buy health products, especially nonprescription medications aired by private television stations nationwide and locally.