Abstrak
Evaluasi Proses Pelaksanaan Program Pendidikan Terhadap Anak Jalanan Binaan Di Rumah Singgah
Rivanlee Anandar, Budhi Wibhawa, Herry Wibowo
Universitas Padjadjaran, Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 3, No 3 (2016), ISSN Cetak : 2442-448X ISSN Online : 2581-1126, DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v3i3
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 3, No 3 (2016), ISSN Cetak : 2442-448X ISSN Online : 2581-1126, DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v3i3
anak jalanan, Education Program, half-way house service, program pendidikan, rumah singgah, street child
Perkembangan pesat anak-anak jalanan di berbagai sudut jalan, selain memprihatinkan dari segi kemanusiaan, di saat yang sama juga melahirkan permasalahan sosial baru yang cukup meresahkan. Kendati disadari bahwa tidak semua anak jalanan melakukan tindakan-tindakan yang sampai mengganggu ketertiban umum, namun tidak dapat dipungkiri bahwa ada sebagian di antara mereka yang merusak citra anak jalanan secara keseluruhan dengan tindakan mereka yang mengarah pada perilaku kriminal, seperti kegiatan premanisme kecilkecilan. Melihat kerasnya kehidupan yang dihadapi oleh anak-anak dari keluarga prasejahtera dengan gizi buruk, sakit, cacat, putus sekolah, serta anak-anak yang terpaksa harus mengais rejeki di jalanan kota-kota besar seperti Jakarta, Dilts Foundation mencoba memberikan anak-anak kesempatan menjalani kehidupan yang lebih baik, sehat, aman, dan produktif melalui program-program pembelajaran dan mengorganisir kegiatan-kegiatan konkret yang bergerak di bidang pendidikan, pelayanan kesehatan, pelatihan keterampilan dan kerja sosial dengan komunitas miskin dan terpinggir. Penelitian ini difokuskan pada evaluasi program pendidikan yang diberikan oleh Dilts Foundation pada anak jalanan binaan. Dalam memenuhi kebutuhan anak jalanan di bidang pendidikan, kegiatan-kegiatan yang diberikan oleh Dilts Foundation ialah menyediakan rumah singgah, pemberian beasiswa, dan program kakak asuh. Dalam hal ini, pemberian pendidikan kepada anak jalanan adalah sangat penting di mana pendidikan harus mampu memberikan sumbangan pengetahuan serta wawasan pada anak jalanan sehingga mereka mempunyai bekal ke depan untuk menjadi landasan kehidupan mereka.
The rapid development of street children in various street corners, in addition to the concern in terms of humanity, at the same time also give contribution to new social problems that are troubling enough. Although aware that not all street children perform actions to disrupt public order, but it can not be denied that there are some among those who damage the image of street children as a whole with their actions that lead to criminal behaviour, such as the activities of petty thuggery. See the hard life faced by children from families with poor nutrition prewelfare, sickness, disability, dropping out of school, as well as children who are forced to scavenge good fortune on the streets of big cities such as Jakarta, Dilts Foundation tried to give the kids a chance to live a better life, healthy, safe, and productive through learning programs and organizing concrete activities in the field of education, health care, skills training and social work with poor communities and terpinggir. This research is focused on the evaluation of the educational program provided by Dilts Foundation on street children assisted. In meeting the needs of street children in education, activities provided by Dilts Foundation is providing home visiting, the granting of scholarships, programs and foster brother. In this case, the provision of education to street children is very important in which education should be able to contribute knowledge and insights on street children so that they have the stock forward to be a cornerstone of their lives.