Abstrak
Pelayanan Sosial Pada Anak Cerebral Palsy Oleh Sekolah Luar Biasa
Franzeska Venty WD, Budhi Wibhawa, Budi Muhammad Taftazani
Universitas Padjadjaran, Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 3, No 3 (2016), ISSN Cetak : 2442-448X ISSN Online : 2581-1126, DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v3i3
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 3, No 3 (2016), ISSN Cetak : 2442-448X ISSN Online : 2581-1126, DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v3i3
anak cerebral palsy, children with cerebral palsy, efectiveness, efektivitas, program pelayanan sosial, school extraordinary, Sekolah Luar Biasa, social service program
Pemenuhan kebutuhan dasar merupakan tantangan besar bagi anak dengan disabilitas dalam hidupnya. Dalam pemenuhannya, anak dengan disabilitas membutuhkan pelayanan khusus yang dapat mengatasi berbagai keterbatasannya. Begitu pula dengan anak cerebral palsy, yang memiliki keterbatasan pada pengendalian fungsi pergerakkan akibat adanya kerusakan pada fungsi otak dan sistem saraf. Sekolah Luar Biasa yang menyelenggarakan pelayanan sosial, sebagai salah satu usaha kesejahteraan sosial, untuk diberikan pada anak cerebral palsy dalam bentuk kegiatan pertolongan agar mereka mampu mengatasi permasalahannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif studi kasus, agar dalam penelitian ini dapat diperoleh gambaran secara empirik tentang program pelayanan sosial apa saja yang diberikan pada anak cerebral palsy oleh Sekolah Luar Biasa, sehingga hasil penelitian ini dapat mencapai tujuan untuk menggambarkan efektivitas dari program pelayanan sosial yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga program pelayanan sosial, yaitu pendidikan, rehabilitasi, dan keterampilan. Program pendidikan belum efektif, karena keterbatasan sumber daya guru dalam mengajari anak cerebral palsy. Program rehabilitasi sudah efektif, karena terdapat terapis yang professional dalam bidangnya memberikan layanan terapi untuk fungsi gerak anak cerebal palsy. Program keterampilan sudah efektif, karena guru dibantu pengasuh dapat mengajarkan anak untuk beraktivitas dalam hal-hal sederhana yang membantu mereka untuk hidup terampil dan mandiri.
Fulfillment of basic needs is a major challenge for children with disabilities in his life. In fulfillment, children with disabilities require special services that can overcome various limitations. Similarly, the child cerebral palsy, which has limitations in controlling movement function due to damage to the brain and nervous system function. Schools that organizes social services, as one of the social welfare, to be given to children in the form of cerebral palsy relief activities so that they are able to resolve the problem. This study used a qualitative method with descriptive case study approach, so in this study can be obtained by empirical picture about any social service program given to children cerebral palsy by Extraordinary School, so the results of this research can achieve the purpose to illustrate the effectiveness of the program service social given. The results showed that there are three social service programs, namely education, rehabilitation, and skills. Education programs have not been effective, because of limited resources teachers in teaching children cerebral palsy. Rehabilitation programs have been effective, because there are professional therapists provide services in the field of therapy for motor function of cerebral palsey children. Skills programs have been effective, because the teacher can help caregivers teach children to move in simple things that help them to live a skilled and independent.