Abstrak RSS

Pengaruh Keterbukaan Perdagangan terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Negara ASEAN+3 Periode 2001-2017

Pengaruh Keterbukaan Perdagangan terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Negara ASEAN+3 Periode 2001-2017
Arinda Puspita Rini
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

Sebagian besar negara di dunia adalah negara dengan perekonomian terbuka, yakni berkaitan dengan adanya aktivitas perdagangan internasional (ekspor dan impor) dan disebut dengan keterbukaan perdagangan. Negara-negara di dunia memandang semakin pentingnya keterbukaan dalam perdagangan internasional untuk menunjang kebutuhan domestik dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Salah satu kawasan yang memandang semakin pentingnya keterbukaan perdagangan yaitu negara-negara ASEAN+3.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keterbukaan perdagangan terhadap pertumbuhan ekonomi di negara ASEAN+3 pada periode 2001-2017. Pertumbuhan ekonomi diproksikan dengan tingkat GDP per kapita. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data panel dengan model pendekatan random effect. Variabel lain yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya investasi modal fisik, rata-rata lama sekolah, dan tingkat pengangguran.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keterbukaan perdagangan, investasi modal fisik, rata-rata lama sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di negara ASEAN+3. Adapun variabel tingkat pengangguran berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi.