Abstrak RSS

PENGARUH PENGETAHUAN DAN PERSEPSI GURU DAN KARYAWAN YAYASAN ASSALAAM BANDUNG TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH DI BANK SYARIAH

PENGARUH PENGETAHUAN DAN PERSEPSI GURU DAN KARYAWAN YAYASAN ASSALAAM BANDUNG TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH DI BANK SYARIAH
HAMDAN FAUZI
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Bank syariah adalah lembaga keuangan yang operasionalnya dan berbagai produknya dikembangkan berlandaskan syari’ah Islam, khususnya berkaitan dengan pelarangan riba (bunga), maisir (spekulasi), dan gharar (ketidakjelasan). Pengetahuan konsumen tentang informasi perbankan syariah akan memberikan dampak terhadap perilaku konsumen, sehingga seseorang yang memiliki pengetahuan dan persepsi baik tentang perbankan syariah maka akan semakin besar kemungkinannya untuk memilih menjadi nasabah di bank syariah.

Pengetahuan adalah segala sesuatu yang diketahui dan diperoleh seseorang dari hasil kontak panca indera terhadap suatu objek, sehingga manusia bersikap dan bertindak ditentukan oleh pengetahuan, dengan demikian pengetahuan merupakan hasil proses dari usaha manusia untuk tahu. Sedangkan persepsi adalah proses interval yang dilakukan untuk memilih, mengevaluasi dan mengorganisasikan rangsangan dari lingkungan exsternal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Menggunakan jenis peneltian lapangan (field research), yaitu peneliti terjun langsung ke lapangan dengan membagikan kuesioner kepada Guru dan Karyawan Yayasan Assalaam Bandung dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan persepsi Guru dan Karyawan Yayasan Assalaam Bandung terhadap keputusan menjadi nasabah di bank syariah.

Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi liner berganda. Berdasarkan hasil penelitan yang diolah dengan menggunakan Aplikasi Microsoft Excel dan SPSS 24 dapat diketahui bahwa variabel pengetahuan dan persepsi memiliki pengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan menjadi nasabah di bank syariah. Pada uji R Square, menjelaskan bahwa variabel pengetahuan dan persepsi memiliki pengaruh terhadap variabel keputusan menjadi nasabah di bank syariah sebesar 50,5%. Sedangkan sisanya sebesar 49,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian ini.

Kata Kunci : Pengetahuan, Persepsi, Perbankan Syariah Dan Keputusan Menjadi Nasabah