Abstrak RSS

OPTIMALISASI FORMULA UNTUK PREFERENSI KONSUMEN PRODUK MANNER PERFUME

OPTIMALISASI FORMULA UNTUK PREFERENSI KONSUMEN PRODUK MANNER PERFUME
SAMMY ALVA ADITYA
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , ,

Penelitian bertujuan untuk menetapkan formula Manner Perfume dengan bahan dasar minyak atsiri lokal yang paling diminati panelis. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan analisis organoleptik secara uji hedonik. Formulasi parfum yaitu MVP 1 (parfum pertama yang belum melalui proses perbaikan), MVP 2 (parfum yang menggunakan MVP 1 sebagai acuan untuk perbaikannya dan telah mengalami peningkatan nilai kesukaan), dan MVP 3 (parfum yang menggunakan MVP 2 sebagai acuan untuk perbaikannya dan telah mengalami peningkatan nilai kesukaan), diujikan kepada panel konsumen yang disesuaikan dengan segmentasi pasar Manner Perfume. Atribut yang diuji adalah aroma, warna, dan sensasi di kulit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa formulasi MVP 1, MVP 2, hingga ke MVP 3, berhasil meningkatkan nilai kesukaan terhadap produk. Formula Manner Perfume dengan bahan dasar minyak atsiri lokal yang dapat diterima konsumen terdiri dari minyak adas (6,45%), minyak nilam (5,16%), minyak cendana (3,22%), minyak jeruk (1,94%), minyak melati (1.94%), minyak peppermint (0,64%), dan minyak vanila (0,64%).