Abstrak RSS

Pengaruh Pupuk Organik Cair dengan Penambahan MG1 Untuk Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L) pada Sistem Hidroponik DFT (Deep Flow Technique)

Pengaruh Pupuk Organik Cair dengan Penambahan MG1 Untuk Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L) pada Sistem Hidroponik DFT (Deep Flow Technique)
CONNIE S A SIDABUTAR
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

Limbah sayuran dan kotoran ayam merupakan contoh limbah organik yang jumlahnya melimpah dan dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan akibat pengolahan yang tidak tepat. Salah satu usaha yang dapat dilakukan dalam mengatasi permasalahan limbah organik yaitu pembuatan pupuk organik cair yang dapat dimanfaatkan sebagai nutrisi tanaman hidroponik dengan menggunakan mikroorganisme pengurai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh campuran limbah sayuran dan kotoran ayam yang dimanfaatkan sebagai pupuk organik cair terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy dan untuk mengetahui konsentrasi biofertilizer MG1 yang tepat untuk pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy dengan sistem hidroponik DFT. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan rancangan percobaan yaitu rancangan acak lengkap. Penelitian ini terdiri dari 3 perlakuan dan diulang sebanyak 5 kali. Nutrisi tanaman yang digunakan yaitu pupuk organik cair penambahan 50mL MG1, pupuk organik cair penambahan 100 mL MG1, dan pupuk organik cair penambahan 200 mL MG1. Pengamatan utama terdiri dari tinggi tanaman, jumlah daun, panjang akar, dan berat panen. Data pengamatan dianalisis menggunakan ANOVA dan dilanjutkan dengan uji lanjutan menggunakan uji DMRT pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan pupuk organik cair dengan penambahan biofertilizer MG1 tidak memberikan pengaruh nyata terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy pada sistem hidroponik DFT.