Abstrak RSS

Pengaruh Struktur Kepemilikan, Karakteristik Perusahaan, Dan Karakteristik Tata Kelola Korporasi Terhadap Kinerja Perusahaan

Pengaruh Struktur Kepemilikan, Karakteristik Perusahaan, Dan Karakteristik Tata Kelola Korporasi Terhadap Kinerja Perusahaan
Maman Setiawan, MT
Unpad
Indonesia

, ,

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh dari Struktur Kepemilikan, Karakteristik Perusahaan dan Karakteristik Tata Kelola Korporasi terhadap kinerja perusahaan. Berbeda dengan penelitian-penelitian sebelumnya, pada penelitian ini digunakan model di mana variabel dependennya ialah tingkat profitabilitas yang mewakili kinerja perusahaan yang kemudian diestimasi dengan menggunakan variabel independen human dan non-human factor. Penelitian ini menggunakan analisis data panel dengan fixed effect model.

Penelitian ini menggunakan data sekunder, yaitu Laporan Tahunan dari seluruh perusahaan terbuka di luar sektor keuangan untuk tahun 2001 dan 2002 dengan populasi yang telah diobservasi ialah sebesar 251 unit perusahaan dan jumlah sampel minimal ialah sebesar 72 perusahaan seperti yang telah ter-identifikasi

Dari hasil analisis didapatkan kesimpulan bahwa variabel struktur kepemilikan yang dilihat dari proporsi kepemilikan publik dan proporsi kepemilikan asing, keduanya mempunyai hubungan yang negatif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan. Untuk berbagai variabel yang mencerminkan karakteristik perusahaan, yaitu size, masa listing, dan kompleksitas usaha memberikan pengaruh yang positif dan signifikan. Sedangkan untuk kelompok perusahaan dan leverage ratio ternyata keduanya memberikan pengaruh yang negatif dan signifikan. Untuk variabel Karakteristik Tata Kelola Korporasi, yaitu proporsi komisaris independen terhadap jumlah direksi dan proporsi jumlah keluarga dalam dewan direksi mempunyai pengaruh yang negatif dan signifikan. Kemudian jumlah komite keluarga dalam dewan direksi mempunyai pengaruh yang sebaliknya yaitu positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan.

This research aims to investigate the effect of ownership structure, firm characteristics, and corporate governance on firm performance. This research has the different with the similar researches before because this research used human and nonhuman factor variables as independen variables. This research used panel data analysis with fixed effect model.

This research used secondary data from annually report of all listing firms except financial sector. The sample used is 72 unit firms from population total is 251 unit.

The results show that ownership structure variables have positif relationship with firm performance. Firm characteristic variables such as size, listing age, and complexity have positive relationship with firm performance. Firm group and leverage ratio have negative relationship and significant with firm performance. Corporate governance characteristics, such as proportion of independen commerce to board director and proportion of number of family in board of director has negative relationship and significant. Family comitte in board director has positive relationship and significant.

Download: pdf