Abstrak
Faktor Internal Yang Berkontribusi Terhadap Pencapaian Indeks Prestasi Kumulatif Pada Mahasiswa Program A Fik Unpad
Drs., SKM., Raini Diah Susanti
Unpad
Indonesia
Unpad
faktor, internal, IPK, mahasiswa
Dalam pendidikan keperawatan, prestasi belajar mahasiswa sangat penting untuk menilai tingkat keberhasilan dalam pencapaian tujuan belajar yang telah ditetapkan dalam kurikulum pendidikan keperawatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran factor internal yang berkontribusi terhadap pencapaian IPK pada mahasiswa program A FIK UNPAD. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan penelitian deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling, yang diambil dari mahasiswa FIK UNPAD program A angkatan 2003, 2004, 2005 dan 2006, sebanyak 182 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian mahasiswa memiliki sikap favourable terhadap mata kuliah yang dipelajari di FIK, sedangkan sebagiannya lagi memiliki sikap unfavourable. Gambaran minat mahasiswa untuk menjadi perawat dapat disimpulkan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki minat yang rendah untuk menjadi perawat, sedangkan hampir setengahnya memiliki minat yang tinggi. Gambaran mengenai motivasi mahasiswa untuk berprestasi diperoleh kesimpulan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki motivasi yang tinggi dalam mencapai Indeks Prestasi Kumulatif yang tinggi, sedangkan hampir setengahnya memiliki motivasi yang rendah. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Padjadjaran dapat lebih memotivasi peserta didik untuk lebih mencintai keperawatan, ehingga akhirnya mereka termotivasi untuk mencapai prestasi tinggi. Upaya yang bisa dilakukan baik itu melalui pendidik, TPBK maupun melalui BEM.