Abstrak
Asesmen Klinis Dari Data Tes Pauli Pada Siswa Program Akselerasi Di Kotamadya Bandung
Kustimah, Fitri Ariyanti Abidin, Dian Kusumawati
Unpad
Indonesia
Unpad
Asesmen Klinis, Bandung, Program akselerasi, siswa
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif untuk menggambarkan kesiapan anak masuk Sekolah Dasar ditinjau dari hasil test N.S.T (Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test). Metoda yang digunakan adalah metoda survei. Subjek penelitian ini adalah siswa TK yang akan masuk Sekolah Dasar. Jumlah subjek penelitian adalah 213 orang yang berasal dari 7 Taman Kanak-Kanak di Kotamadya Bandung. Alat ukur yang dipakai pada penelitian ini adalah Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test (N.S.T.) yang mengukur aspek-aspek yang menunjang kesiapan anak masuk Sekolah Dasar. Prof. F.J. Mönks, Drs. H. Rost dan Drs. N.H. Coffie dalam menyusun Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test (N.S.T.) ini telah menetapkan tiga standar, yaitu belum matang, ragu dan matang. Analisis terhadap data akan dilakukan secara kuantitatif dengan teknik statistik sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir seluruh aspek yang diperlukan untuk kesiapan anak masuk Sekolah Dasar pada umumnya sudah matang. Artinya, hampir seluruh responden telah memiliki kesiapan untuk dapat mengikuti proses belajar mengajar di Sekolah Dasar. Namun secara kualitatif, tingkat kematangan pada setiap aspek berbeda-beda. Jika dicermati, aspek-aspek yang tingkat kematangannya sudah optimal adalah aspek-aspek yang terkait dengan kemampuan kognitif. Sedangkan aspek-aspek yang tingkat kematangannya belum optimal terkait dengan aspek motorik, baik motorik halus maupun motorik kasar dan aspek penilaian sosial.
This descriptive research was respectively used to describe children readiness to enter primary school based on the result of N.S.T, short fo r Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test. Method used was survey-based. Test was administered to 213 children from 7 kindergartens in Bandung. Instruments used was Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test (N.S.T.), measuring aspects needed to support children readiness for school (for entering primary school). 3 standards had been established for this test : immature, doubtful, and mature. Data analysis were done quantitatively using simple statistical technique. The results showed almost all aspects needed for school readiness were already at mature-level. As to say, almost all participants had readiness to follow learning process in elementary school. However qualitatively speaking, maturation level for each aspects differed. More specific, high maturation level were related to cognitive skill aspects, while low maturation level went to both gross and fine motorical skills, and social judgement aspects.