Abstrak RSS

Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan

Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan
Henni Djuhaeni
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Kita semua menyadari bahwa saat ini ada dan harus terjadi perubahan besar dalam tatanan kehidupan termasuk di bidang kesehatan. James R Lucas, 1997, mengemukakan tentang sikap seseorang dalam menghadapi perubahan radikal dibagi atas 3 kelompok : pertama adalah orang yang menjadikan perubahan terwujud (to Make change happen), kedua adalah orang yang hanya menyaksikan terjadinya perubahan (to watch change happen) dan ketiga adalah orang yang terpukul oleh adanya perubahan dan bertanya apa yang telah terjadi (what happened ?). Kita tentu setuju dengan saran Mulyadi (1998) agar menjadi kelompok pertama karena “risiko tidak melakukan apa-apa lebih besar daripada risiko membuat kesalahan”. Demikian pula dengan mutu yang merupakan radikalisme dalam tuntutan telah berkembang dalam kurun waktu 20 tahun ini khususnya dalam kemampuan menghadapi persaingan dan tantangan global.

Download: pdf