Abstrak RSS

Kadar Laktat Darah Arteri Pada Penderita Cedera Kepala Ringan, Sedang, Dan Berat Di Rumah Sakit Dr. Hasan Sadikin Bandung

Kadar Laktat Darah Arteri Pada Penderita Cedera Kepala Ringan, Sedang, Dan Berat Di Rumah Sakit Dr. Hasan Sadikin Bandung
Dr. M. Zafrullah Arifin Sp. B S
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Latar Belakang : Laktat telah diketahui sebagai salah satu prognostikator untuk menilai outcome pada pasien cedera kepala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membandingkan kadar laktat darah pada pasien cedera kepala ringan, sedang, dan berat. Metode : Penelitian ini adalah suatu penelitian g cross sectional g dengan subyek penelitian pasien cedera kepala yang datang ke instalasi gawat darurat Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung pada bulan Januari sampai dengan bulan Mei 2008 yang dilakukan pemeriksaan kadar laktat pada darah arteri dan dilakukan pemeriksaan CT . Scan. Hasil Penelitian : Pada penelitian ini didapatkan kadar laktat rerata pada penderita cedera kepala ringan 1,59 mmol/L, penderita cedera kepala sedang 3,15 mmol/L, dan penderita cedera kepala berat 3,25 mmol/L. Dan pada hasil uji ANOVA (Analisis of Varians) pada derajat kemaknaan 95% menunjukkan terdapat hubungan bermakna antara kadar laktat dengan tingkat cedera pada pasien cedera kepala dengan nilai p =0,001 (nilai p.0,05). Sedangkan hubungan kadar laktat dengan kelainan yang terdapat pada CT . Scan dengan uji ANOVA (Analisis of Varians) pada derajat kemaknaan 95% menunjukkan terdapat hubungan bermakna antara kadar laktat dengan hasil pemeriksaan CT-Scan pada pasien cedera kepala dengan nilai p <0,001 (nilai p.0,05).

Kesimpulan : Terdapat hubungan antara kadar laktat darah dengan tingkat cedera kepala, dimana semakin berat cedera kepala, kadar laktat darah akan semakin meningkat. Demikian juga pada hasil CT . San kepala memperlihatkan semakin berat kerusakan parenkim otak semakin tinggi kadar laktat darah.

Background: Lactate has been known as one of the prognostic factors for the outcome of the head injury’s patient. We interested in arterial’s lactate level in mild, moderate, and severe head injury and it’s relation with the cerebral parenchymal damage that seen on CT – Scan. Methods : A cross sectional’s study, we examined the arterial’s lactate levels of head’s injured patient that performed CT – Scan that admitted at emergency room in Dr. Hasan Sadikin Hospitals, Bandung fmro January untill May 20 08. Results : We found means of arterial’s lactate levels of mild head injury patient 1,59 mmol/L,moderate head injury patient 3,15 mmol/L, and severe head injury patient 3,25 mmol/L. The ANOVA (Analisis of Varians) test showed there is significant relationship between arterial’s lactate levels and degree of head injury ( p = 0,001 ), also significant for the damage of the cerebral parenchyme that seen on CT – Scan.

Conclusions : The results showed that the more severe head injury and the damage of the cerebral parenchyme, the higher arterial’s lactate levels.

Download: .Full Papers