Abstrak RSS

Optimalisasi Apbd Kabupaten Garut Dalam Rangka Peningkatan Kesejahteraan Dan Sosial Ekonomi

Optimalisasi Apbd Kabupaten Garut Dalam Rangka Peningkatan Kesejahteraan Dan Sosial Ekonomi
Yunizar, Se. Msc.Ph.D, Ratna Komara, Se., Mt. Dan Aldrin Herwany, Se., Mm
Unpad
Indonesia
u
, , , , ,

Sebuah perencanaan anggaran merupakan salah satu faktor yang penting dalam menilai kinerja keuangan Daerah; seluruh aktifitas dari pembangunan direpresentasikan melalui pos pos dalam anggaran. Hal yang paling sulit dilakukan dalam perencanaan adalah membuat anggaran yang yang proporsional dengan pengeluaran pemerintah sehingga gap yang diciptakan antara anggaran dan realisasi menjadi lebih akurat.

Hasil penelitian Anggaran dan Belanja Daerah di Kabupaten Garut membuktikan bahwa variable yang banyak mempengaruhi dalam penyusunan anggaran Daerah adalah antar penerimaan pajak dengan laba yang diperoleh dari Badan Usaha Milik Daerah yang memang langsung dikelola dan dibawah kekuasan Pemda. Variabel yang banyak mempengaruhi pengeluaran pemerintah Daerah dalam menjalankan pembangunan adalah penerimaan pajak dan pendapatan lain-lain yang diterima oleh Daerah.

The Budget Planning is one of the most significant factors in assessing the Regional financial performance; every activity in the development is represented through budget components. The most difficult task in budget planning would be in making proportionate district expenditure to minimize the gap between budget and realization of the district to be more accurate.

The result of the APBD research in Garut district proves that more variables seem to be affecting the regional budget of its district; taxable receipts from the BUMD profits under the district supervision. The most variable effects from the district expenditure proportion in the developments district would be tax receipts and from other sources of income.

Download: pdf