Abstrak RSS

Strategi Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (Ipm) Petani Dengan Pemanfaatan Teknologi Internet

Strategi Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (Ipm) Petani Dengan Pemanfaatan Teknologi Internet
Iwan Setiawan
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , ,

Teknologi internet di Indonesia berkembangan dengan sangat pesat. Mulai dari browsing, chatting, goggling hingga e-learning dibuat untuk mempermudah dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat perkotaan. Namun potensi teknologi internet sudah sepatutnya dapat dimanfaatkan pula oleh para petani di pedesaan. Hal tersebut dimaksudkan agar kualitas hidup para petani dapat meningkat.

Ketimpangan dan ketidakmerataan kualitas hidup petani di pedesaan merupakan faktor yang menjadi penghambat utama peningkatan IPM petani di pedesaan. Namun dengan faktor kehomogenitasan masyarakat pedesaan, diharapkan peningkatan ketiga faktor IPM (pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan) tersebut dapat menyebar ke tiap penduduk di pedesaan terutama para petaninya.

Banyak negara berkembang yang berhasil meningkatkan kesejahteraan penduduknya dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi ini, seperti Bangladesh, Sri Lanka, India dan Bhutan. Namun ada juga contoh kegagalan dari program ini. Apabila upaya peningkatan IPM di pedesaan dapat dilakukan melalui pemanfaatan teknologi internet, maka strategi seperti apa yang dapat membuat program ini berjalan dan bagaimana penerapannya yang efektif di lapangan.

Download: pdf