Abstrak RSS

Gambaran Jenis Dan Tingkat Kesepian Pada Lansia Di Balai Panti Sosial Tresna Werdha Pakutandang Ciparay Bandung Tahun 2008

Gambaran Jenis Dan Tingkat Kesepian Pada Lansia Di Balai Panti Sosial Tresna Werdha Pakutandang Ciparay Bandung Tahun 2008
Neti Juniarti, Septi Eka R, Asma Damayanti
Unpad
Indonesia
Unpad
,

Pada masa usia lanjut akan terjadi banyak kemunduran baik secara fisik maupun psikis. Pada umumnya masalah psikologis yang paling banyak terjadi pada lansia adalah kesepian di mana kesepian merupakan suatu keadaan dimana seseorang merasa jauh atau tersisih dari lingkungan sosial, Kesepian pada lansia di pandang unik karena akibatnya akan berdampak pada gangguan keseatan yang komplek.

Adapun yang melatarbelakangi penelitian dilakukan di BPSTW Pakutandang adalah sebagian lansia merasa jenuh dan merasa sepi selama tinggal di Panti sehingga ada indikasi lansia mengalami kesepian. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran jenis dan tingkat kesepian yang dialami lansia yang tinggal di BPSTW Pakutandang Bandung.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan mengambil tehnik purposive sampling dengan berbagai kriteria yang mendukung sehingga didapatkan sampel 95 orang., dan pengambilan data dilakukan dengan wawancara terpimpin.

Dari hasil penelitian di dapatkan bahwa 69, 5%, lansia mengalami kesepian ringan. Dan untuk jenis kesepian maka didapatkan hasil bahwa sebagian besar lansia mengalami kesepian emosional yaitu dengan Persentase 49,4%.

Dari penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa sebagian besar lansia mengalami kesepian. Sebagian besar lansia mengalami kesepian yang ringan dan mengalami kesepian emosional. Dari hasil penelitian ini maka disarankan kepada pengelola panti untuk tetap menjaga lingkungan panti yang sudah kondusif, serta bagi tenaga keperawatan agar lebih menerapkan komunikasi yang terapeutik dalam setiap pertemuan dengan lansia dan untuk penelitian selanjutnya agar menggali lagi faktor -faktor yang dapat mempengaruhi kesepian baik pada lansia yang tinggal di panti ataupun di rumah.

Download: pdf