Abstrak RSS

Wawacan Buwana Wisesa Sebuah Karya Sastra Tasawuf: Edisi Teks Dan Analisis Struktur

Wawacan Buwana Wisesa Sebuah Karya Sastra Tasawuf: Edisi Teks Dan Analisis Struktur
Dr. Kalsum, M. Hum.
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

Judul Penelitian: ”Wawacan Buwana Wisesa Sebuah Karya Sastra Tasawuf: Edisi Teks dan Analisis Struktur”. Dua naskah extant yang ditemukan bukan naskah otograf, serta keduanya tidak disalin dari lainnya. Metode penelitian dengan menggunakan metode deskriptif analisis, metode kajian dengan menggunakan metode naskah jamak edisi naskah landasan.

Kisah dalam karya ini hanyalah wadah untuk menyajikan isi ajaran, nama diri dan nama tempat berupa simbol dari makna yang dikemas yang merupakan topik utama dari isi ajaran. Karya ini terdiri dari 365 pada yang digubah dalam Pupuh Ageung meliputi jenis pupuh Asmarandana, Sinom, dan Dangdanggula. Struktur penyajian (struktur formal) karya terdiri dari: I Pengantar II Isi Ajaran III Penutup.. Isi Ajaran meliputi: 1 Kelahiran manusia, 2 Kematian, 3 Rukun Islam dan Rukun Iman, 4 Ruh dalam diri manusia dan Ilmu Firasat. Wawacan Buwana Wisesa diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Peristilahan Ajaran berbahasa Sunda yang sulit dialihkan ke dalam Bahasa Indonesia disajikan apa adanya.

Karya sastra Tasawuf yang masih tersebar di masyarakat Sunda hendaknya segera diteliti karena diancam kepunahan.

The title of the reseach: Wawacan Buwana Wisesa, A work of Sufism Literature: Text Edition and Structure Analisys . Two manuscripts had pound, two extant manuscripts are not autograph. The research method have used analysis descriptive and method metodologi is manuscript plural method with legger edition.

The story in this work is tool for entertainment Islam Religion. The person name and local name are simbolistic af head topic. This work include of 365 foots in Pupuh Ageung covered Asmarandana, Sinom, and Dangdanggula…… Formally Structure include I Introduction, II Content of Volume Sufism Knowledge, III Closing. Sufism Knowledge include of 1 The borning of man 2 dying, Islamic of and Iman obligatory, Spirit in man self and Ilmu Firasat. Wawacan Buwana Wisesa had translated in Indonesian language.

Work of Sufism is diffuse in Sundanesse people

Download: pdf