Abstrak RSS

Pemisahan Eugenol Dari Minyak Cengkeh Dengan Cara Distilasi Fraksinasi – Separation of eugenol from clove oil with fractionation distillation

Pemisahan Eugenol Dari Minyak Cengkeh Dengan Cara Distilasi Fraksinasi – Separation of eugenol from clove oil with fractionation distillation
Siti Nurhasanah, STP., M.Si, Efri Mardawati, STP. M.T dan Marleen Herudiyanto, Ir., MT
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , , ,

Tujuan dari penelitian ini adalah memisahkan eugenol dari minyak cengkeh dengan menggunakan distilasi fraksinasi, dimana eugenol diperoleh dari residu hasil fraksinasi minyak cengkeh. Hasil fraksinasi tersebut kemudian dianalisis kandungan egugenolnya untuk menentukan rendemen operasi disitilasi fraksinasi serta sifat-sifat fisik-kimia produk yang dihasilkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa distilasi fraksinasi pada minyak cengkeh dengan perlakuan fraksinasi suhu 200oC dan 250oC tidak memperoleh eugenol murni (minimal 98%) tetapi kadar eugenolnya meningkat sampai 97,03% w/v dari 93,34%. Perlakuan tekanan yang lebih kecil dan jumlah refluks yang lebih banyak akan lebih memurnikan minyak cengkeh menjadi eugenol. Dengan distilasi fraksinasi pada minyak cengkeh dimana proses berlangsung pada suhu dan tekanan rendah menghasilkan residu yang mutunya meningkat dengan kriteria kadar eugenol meningkat, berat jenis meningkat, semakin larut dalam alkohol, indeks bias yang meningkat dan nilai putaran optik yang sesuai dengan kriteria minyak cengkeh asli (kecil).

The aim of this research is to separate eugenol from clove oil used fractionation distillation, eugenol come from residu clove oil fractionation. The result of fractionation analyzed the eugenol content to know the yield and analyzed of physical-chemical characteristic.

The result showed that fractionation distillation of clove oil using temperature 200oC and 250oC is not getting pure eugenol (minimal 98%), but eugenol content increasing from 93,34% to 97,03%. The treatment of low pressure and more reflux will be result more pure eugenol. The treatment of low temperature and pressure will be result the residue better quality. Criteria eugenol content increased, increased density, more soluble in alcohol, increased the bias index and decreased optical rotate.

Download: pdf