Abstrak RSS

Gambaran Emotional Intelligence Individu Dalam Konteks Relasi Dengan Pasangannya

Gambaran Emotional Intelligence Individu Dalam Konteks Relasi Dengan Pasangannya
Langgersari Elsari Novianti, S.Psi
Unpad
Indonesia
Unpad

Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran mengenai emotional intelligence dalam relasi pasangan yang sudah menikah maupun relasi pasangan yang akan melangsungkan pernikahan di kota Bandung. Subjek adalah individu usia dewasa awal.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif eksploratif, di mana data utama berupa hasil wawancara terstruktur. Relasi intim orang dewasa membutuhkan adanya penyesuaian-penyesuaian dari kedua orang yang berelasi terhadap perbedaan-perbedaan yang mereka miliki. Karenanya, pada wawancara yang dilakukan, kata kuncinya adalah ”penyesuaian yang perlu dilakukan individu dan bagaimana ia melakukan penyesuaian tersebut.”

Emotional intelligence didefinisikan sebagai kapasitas untuk menyadari perasaan personal dan perasaan orang lain dan kemudian memotivasi diri kita, serta kapasitas untuk mengelola emosi dengan baik dalam diri sendiri maupun dalam relasi bersama orang lain.

Analisa dilakukan dengan teknik koding. Yakni mengkaitkan jawaban-jawaban individu dengan dimensi-dimensi emotional intelligence yang diukur. Analisa ini lebih dimaksudkan untuk menemukan aspek emotional intelligence yang lebih banyak muncul dalam relasi intim orang dewasa, baik relasi berpacaran maupun perkawinan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi emotional intelligence baik dari aspek kompetensi personal dan kompetensi sosial muncul bergantian pada individu yang berbeda. Namun, secara umum kemampuan-kemampuan self awareness, self control, empati, komunikasi terbuka, komitmen, dan penyelesaian konflik dibutuhkan dalam relasi intim orang dewasa, baik pada masa pacaran, maupun kehidupan perkawinan.

Download: pdf