Abstrak 
Corporate’s Social Responsibility Accounting Beetween Theory and Reality
Srihadi W.Zarkasyi
Unpad
Inggris
Unpad
Accountability and Transparency, Corporate’s Social Responsibility, Social Accounting, Social and Environmental Reporting, Social Audit, Stakeholder Theory
Corporate Social Responsibility merupakan salah satu masalah etika bisnis yang sering diperdebatkan baik dari sudut pandang filosofis-teoritis maupun pada tingkat praktis.
Beberapa persoalan yang diperdebatkan adalah hal-hal yang berkaitan dengan apakah perusahaan benar-benar mempunyai tanggung jawab moral dan sosial. Jika ada apa lingkup tanggung jawab itu. Apakah dalam hal yang berhubungan dengan tanggung jawab sosial perusahaan itu maka suatu perusahaan perlu terlibat dalam kegiatan sosial yang berguna bagi masyarakat. Masalah lain yang timbul adalah bagaimana tanggung jawab sosial perusahaan itu dapat dioperasionalkan dalam suatu perusahaan.
Sehubungan dengan implementasi konsep Corporate Social Responsibility di dalam perusahaan, maka hal tersebut terkait dengan masalah akuntansi, yaitu masalah pengukuran (problem of measurement) dan masalah pelaporan (problem of reporting) yang berkaitan dengan aktivitas bisnis. Secara teoritis hal tersebut terkait dengan Social Accounting dan Social Audit.