Abstrak RSS

Pengaruh Suplementasi Minyak Ikan, Minyak Jagung Dan Znc03 Dalam Ransum Terhadap Produksi Telur Dan Kandungan ƒç-3, ƒç-6 Pufa¡¨ Telur Ayam Kampung

Pengaruh Suplementasi Minyak Ikan, Minyak Jagung Dan Znc03 Dalam Ransum Terhadap Produksi Telur Dan Kandungan ƒç-3, ƒç-6 Pufa¡¨ Telur Ayam Kampung
Denny Rusmana, Atun Budiman, Diding Latifudin
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , ,

Penelitian mengenai ¡§Suplementasi Minyak Ikan, Minyak Jagung, dan ZnC03 dalam Ransum Ayam Kampung Betina¡¨ bertujuan untuk (1) menentukan kombinasi minyak ikan dan minyak jagung dalam ransum ayam kampung agar telur dan karkas kaya asam lemak ƒç-3 dan ƒç-6 dengan komposisi yang seimbang; (2) meningkatkan produksi telur dengan suplementasi ZnC03 dalam ransum yang mengandung kombinasi minyak ikan dan minyak jagung.

Penelitian menggunakan ayam kampung betina sebanyak 96 ekor berumur enam belas minggu. Ayam-ayam tersebut dibagi ke dalam enam kelompok secara acak. Ayam dalam satu kelompok ditempatkan ke dalam empat petak kandang. Petak kandang dibagi menjadi empat kandang individu yang diisi satu ekor ayam. Ayam dalam satu kelompok diberi satu macam ransum perlakuan dari enam ransum perlakuan yang mengandung 6% minyak. Dua kelompok masing-masing diberi ransum yang mengandung 6% minyak kelapa sawit atau minyak ikan. Empat kelompok lain masing-masing diberi ransum yang mengandung 6% minyak ikan dan beberapa kombinasi minyak ikan dan minyak jagung yang semuanya disuplementasi 200 ppm ZnC03.

Produksi telur memperlihatkan penurunan pada ayam yang diberi ransum yang mengandung 6% minyak ikan, tetapi produksi telur memperlihatkan peningkatan kembali pada ayam yang diberi ransum yang mengandung 6% minyak ikan yang disuplementasi ZnCO3 atau kombinasi 4% minyak ikan dan 2% minyak jagung yang disuplementasi ZnCO3. Pemberian ransum yang mengandung kombinasi 4% minyak ikan dan 2% minyak jagung menunjukkan peningkatan asam lemak č-3 dalam kuning telur maupun karkas dengan imbangan asam lemak č-3 dan č-6 yang ideal yaitu 1 : 4.

Penelitian ini membuktikan bahwa suplementasi kombinasi 4% minyak ikan, 2% minyak jagung dan 200 ppm ZnCO3 dalam ransum memberikan efek yang terbaik terhadap produksi telur ayam kampung, kandungan dan imbangan asam lemak ľ-3 dan ľ-6 telur.

Download: pdf