Kliping RSS

Mikologi Dasar dan Terapan

Mikologi Dasar dan Terapan


Biodiversitas mendapat perhatian besar dari para ilmuan di seluruh dunia, begitu pula di Indonesia. Indonesia adalah negara yang unik lingkungannya dan tentunya juga unik penghuni alamnya, antara lain mikroorganisme yang terdapat. Setelah Convention on Biological Diversity ditandatangani pada tahun 1992, maka penelitian mengenai diversitas hayati di hampir seluruh dunia gencar dilakukan, begitu pula di Indonesia.

Di bidang mikrobiologi masih banyak sekali mikroorganisme yang belum diketahui, belum diisolasi, belum diidentifikasi, belum diteliti potensinya, belum dimanfaatkan, belum dilestarikan. Fungi hanya merupakan bagian kecil dari dunia mikroorganisme keseluruhan, akan tetapi peran mereka dalam hidup kita sangat penting.

Sehubungan jumlah mikologiwan di Indonesia masih sedikit sekali, maka informasi mengenai fungi perlu sekali disampaikan agar, terutama pada generasi muda , timbul minat mau meneliti dunia fungi tersebut. Buku ini ditujukan kepada para pemula. Untuk itu diperlukan pengetahuan dasar terlebih dahulu, baru kemudian disampaikan informasi peran fungi dalam kehidupan makhluk hidup lainnya.

Dalam Bab I dibahas secara singkat apa fungi itu sebenarnya. Dalam Bab II dibahas mengenai morfologi dan anatomi fungi, kemudian dalam Bab III dibahas mengenai metabolisme fungi agar lebih dapat diketahui mengenai apa saja yang terjadi dalam sel fungi yang hidup dan nutrient apa saja yang diperlukannya. Dalam Bab IV dibahas mengenai pertumbuhan fungi sesudah mengambil nutrient dari lingkungan. Sesudah fungi tumbuh menjadi koloni fungi akan melakukan reproduksi. Hal tersebut dibahas di Bab V, dan untuk mengenal kelompok-kelompok fungi dalam Bab VI dibahas sistematika fungi.

Peran fungi dalam kehidupan kita dibahas dalam bab-bab berikutnya, antara lain Fungi dan Kesehatan, Fungi dan Lingkungan, Fungi dan Deteriorasi Bahan, Fungi dan Industri, Pembudidayaan Cendawan (Bab VII, VIII, IX, X dan XI).

Agar para pemula dapat melakukan isolasi sendiri dari alam Bab XII diberikan beberapa cara isolasi. Selanjutnya apabila sudah mendapatkan isolat-isolat, maka cara pemeliharaanya dapat dibaca di Bab XIII.

Sumber : Perpustakaan CISRAL UNPAD

Resensi Lainnya

Download: