Abstrak RSS

Reputasi Sampoerna A-mild Di Mata Mahasiswa Fikom Unpad Tinjauan Kualitatif Menggunakan Focus Group Discussion

Reputasi Sampoerna A-mild Di Mata Mahasiswa Fikom Unpad Tinjauan Kualitatif Menggunakan Focus Group Discussion
Fajar Syuderajat, S.Sos. dan Dra. Sussie Perbawasari, M.Si.
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui reputasi rokok dengan merek Sampoerna A-Mild yang tercermin dari: (a) pengetahuan tentang merk (brand awareness); (b) opini tentang merek (brand opinion); (c) opini tentang merk lain dengan kategori sejenis sebagai pembanding; (d) opini tentang merk lain dengan kategori yang tidak sejenis sebagai pembanding.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik focus group discussion (FGD) dalam mendapatkan dan menggali data yang diperlukan. Populasi yang dipakai adalah mahasiswa Fikom Unpad yang perokok dan bukan perokok. Sampel yang mengikuti FGD yaitu lima mahasiswi (dua perokok; tiga bukan perokok) dan lima mahasiswa (3 perokok; 2 bukan perokok.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (a) pengetahuan tentang merk Sampoerna A-mild sangat tinggi; (b) opini tentang merk sangat baik; (c) opini merk lain sejenis cenderung diartikan sebagai ikut-ikutan; (d) opini merk lain khususnya dengan kategori kretek diartikan sebagai konsumsi orang tua.

Download: pdf