Abstrak RSS

Karya, Pengarang, Dan Realitas Dalam Novel Pop Indonesia 1970-an 2000-an

Karya, Pengarang, Dan Realitas Dalam Novel Pop Indonesia 1970-an 2000-an
Muhamad Adji, M.Hum., Lina Meilinawati, M.Hum., dan M. Irfan H., M.Hum.
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang intensnya penelitian terhadap novel populer Indonesia, sementara di sisi lain perkembangan novel populer begitu pesat sejak tahun 1970-an sampai saat ini dengan berbagai corak dan kemasan sehingga membutuhkan kajian yang lebih intens dalam dunia akademik.

Dalam penelitian ini, penulis menganalisis karya dan pengarang yang terentang antara tahun 1970-an sampai dengan 2000-an. Dari pengklasifikasian data, dipilih dua belas novel dengan dua belas pengarang yang merepresentasikan zaman masing-masing. Penelitian ini mengkaji kedua belas novel di atas dengan menggunakan pendekatan teori sosiologi sastra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif komparatif. Pertanyaan-pertanyaan yang memandu penelitian ini adalah 1) bagaimana realitas sosial digambarkan di dalam novel populer? apakah realitas sosial tiap-tiap zaman terepresentasi pada novel populer yang terbit pada masa itu?, (2) bagaimana penggambaran tokoh di dalam novel populer?, dan (3) bagaimana sikap pengarang terhadap realitas tersebut yang tecermin dari sikap tokoh?

Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan hubungan dan pengaruh antara realitas sosial, pengarang, dan karyanya. Penelitian ini diarahkan untuk mendapatkan jawaban sejauh mana realitas sosial tecermin dalam novel, serta bagaimana sikap pengarang terhadap realitas tersebut yang tecermin dari sikap tokoh.

Download: pdf