Abstrak RSS

Perempuan dalam Kuasa Patriarki

Perempuan dalam Kuasa Patriarki
Muhamad Adji, M.Hum., Lina Meilinawati, M.Hum., dan Baban Banita, M.Hum.
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Karya sastra sebagai hasil refleksi manusia dapat menjadi media yang strategis untuk dijadikan alat pendobrak atau pelanggeng sistem patriarki. Hal ini diyakini oleh pemikiran feminisme yang tidak pernah lepas dari satu persoalan utama, yaitu adanya kesadaran bersama bahwa terjadi ketidakadilan yang dialami oleh perempuan dalam relasi dengan laki-laki. Akar permasalahannya adalah pada sistem patriarki yang beroperasi melalui berbagai media dalam seluruh siste kehidupan di masyarakat.

Berangkat dari hal itu, penelitian ini berusaha mengkaji karya sastra Djenar Maesa Ayu dengan menggunakan pendekatan feminisme. Pertanyaanpertanyaan yang memandu penelitian ini adalah (1) bagaimana relasi laki-laki dan perempuan dalam sistem patriarki digambarkan dalam karya Djenar Maesa Ayu? (2) bagaimana relasi laki-laki dan perempuan dikonstruksi dalam karya Djenar Maesa Ayu? (3) apakah konstruksi relasi yang dibangun tersebut berhasil menggugat sistem patriarki atau justru mengukuhkannya?

Hasil penelitian memperlihatkan bahwa karya Djenar memperlihatkan upaya pendobrakan terhadap sistem patriarki yang dalam berbagai cara dan media selalu mengobjektivikasi atau mendudukkan perempuan dalam posisinya sebagai the other dalam relasi dengan laki-laki.

Download: pdf