Abstrak RSS

Struktur Kalimat Negatif Dalam Bahasa Inggris (Kajian Sintaktis Dan Semantis)

Struktur Kalimat Negatif Dalam Bahasa Inggris (Kajian Sintaktis Dan Semantis)
Ypsi Soeria Soemantri
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Penelitian ini berjudul “STRUKTUR KALIMAT NEGATIF DALAM BAHASA INGGRIS”. Kajian pada tesis ini adalah kajian sintaktis dan semantis Data penelitian diambil dari sumber tulis, yaitu kalima-kalimat negatif dalam kalimat tunggal yang terdapat pada dua buah novel. Novel tersebut berjudul “Zoya” karya Danniele Steele, dan “Bloodline” karya Sidney Sheldon. Data tulis pada kedua novel ini diambil secara acak.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yang dilaksanaka dengan jangkauan waktu yang sinkronis. Data dikumpulkan kemudian diklasifikasikan berdasarkan fungsi sintaktis, kategori sintaktis, dan peran semantis. Kemudian data dikaji dengan menggunakan metode distribusional, teknik dasar metode ini disebut teknik bagi unsur langsung. Teknik lanjutan yang digunakan adalah teknik baca markah.

Hasil pembahasan yang diperoleh dari penelitian ini adalah : bahwa kalimat negatif bahasa Inggris merupakan kalimat afirmatif yang memiliki pemarkah negatif. Pemarkah negatif bahasa Inggris adalah pemarkah negatif baik yang berkategori ajektiva, seperti pemarkah negatif no dan not, berkategori adverbia, seperti pemarkah negatif not, never, almoat, barely dan hardly, maupun yang berkategori pronomina seperti neither, none, no one, nothing, dan nobody. Pemarkah-pemarkah negatif itu terdapat pada ketiga macam kalimat negatif dalam bahasa Inggris, yaitu kalimat dengan negatif verba, kalimat dengan negatif lokal, dan kalimat dengan negatif predikasi.

Distribusi pemarkah-pemarkah negatif ini dalam sebuah kalimat negatif sangat variatif tergantung dari kategori pemarkah negatif yang digunakannnya. Bila yang digunakan pemarkah negatif no dengan kategori ajektiva, no akan menegasi kata yang berkategor nomina; no berposisi di depan nomina yang dinegasinya. Pemarkah negatif not sebagai adverbia berposisi setelah operator atau verba pada kalimat yang dinegasinya. Demikian pula dengan adverbia never, almost, barely dan hardly berperilaku seperti adverbia lainnya, pemarkah-pemarkah negatif tersebut berposisi setelah operator atau verba pada kalimat yang dinegasinya. Pronomina negatif none, never, no one, nothing dan nobody dapat berposisi di awal kalimat menegasi subjek, ditengah kalimat menegasi objek.

Kategori yang dapat dinegasi oleh pemarkah negatif no adalah nomina, sedangkan pemarkah negatif not dan adverbia negatif lainnya seperti never dapat menegsi kategori verba .Pronomina negatif seperti none, neither dan lainnya dapat menegasi pronomina yang mengisi fungsi subjek dan objek.

Operator merupakan pendukung kalimat negatif yang bersifat wajib untuk kalimat-kalimat yang mempunyai verba utama. Nonasertif dan penulisan pemarkah negatif yang disingkat dan menjadi sebuah enklitik bersifat tentatif. Makna kalimat negatif sangat bervariasi, kalimat deklaratif negatif yang memiliki makna negatif penuh adalah kalimat negatif yang seluruh kalimatnya bermakna negatif, sedangkan kalimat yang memiliki makna negatif tidak penuh adalah kalimat negatig yang memiliki makna kalimat tidak 100% negatif. Kalimat negatif interogatif memiliki makna tidak percaya atau terkejut. Sedangkan pada kalimat negatif imperatif memiliki makna pelarangan.

Download: doc