Abstrak RSS

Pemasaran Kerelasian Pelanggan Dan Kolaborasi Pemasok Dalam Rangka Meningkatkan Sumber Daya Perusahaan Serta Implikasinya Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Pemasaran ( Suatu Survei Pada Ukm Komponen Otomotif Logam Di Pulau Jawa)

Pemasaran Kerelasian Pelanggan Dan Kolaborasi Pemasok Dalam Rangka Meningkatkan Sumber Daya Perusahaan Serta Implikasinya Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Pemasaran ( Suatu Survei Pada Ukm Komponen Otomotif Logam Di Pulau Jawa)
Hamir Hamzah
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , , , , , ,

Untuk mengetahui penyebab lemahnya kinerja UKM komponen otomotif logam di Pulau Jawa, penulis melakukan penelitian “Pemasaran Kerelasian Pelanggan dan Kolaborasi Pemasok dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Perusahaan serta implikasinya terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran (suatu survei pada UKM komponen otomotif logam di Pulau Jawa).”

Penelitian ini menggunakan 221 responden UKM komponen otomotif logam di Pulau Jawa dengan metode cluster random sampling.Analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk variabel kualitatif dan analisis verifikatif untuk menguji hipotesis memanfaatkan structural equation model dengan software LISREL.

UKM komponen otomotif logam di Jawa mampu membangun pemasaran kerelasian dengan pelanggan. Bentukpemasaran kerelasian pelanggan yang paling baik adalah interaksi informasi gambar teknis, sedangkan yang kurang baik adalah bantuan teknis proses pembuatan produk. UKM komponen otomotif logam mampu membangun kolaborasi dengan pemasok. Bentuk kolaborasi pemasok yang paling baik adalah informasi spesifikasi dan jumlah bahan baku, sedangkan yang kurang baik adalah transfer pengetahuan bahan baku.Sumber daya perusahaan yang dimiliki oleh UKM komponen otomotif logam di Jawa cukup kuat. Sumber daya perusahaan yang paling kuat adalah manusia yang berpengalaman menggunakan permesinan dan peralatan yang ada, sedangkan yang paling lemah adalah pembayaran royalti dari hasil temuannya.UKM komponen otomotif logam mampu menciptakan keunggulan bersaing.Unsur keunggulan bersaing yang paling mampu dicapai adalah waktu pengantaran yang cepat, sedangkan yang belum mampu dicapai adalah mengurangi harga produk melalui peningkatan produktivitas buruh. UKM komponen otomotif logam walaupun mampu meningkatkan kinerja pemasarannya, namun pertumbuhan penjualan masih rendah dan margin keuntungan yang relatif kecil, serta pertumbuhan pelanggan masih rendah. Pengaruh pemasaran kerelasian pelanggan terhadap sumber daya perusahaan lebih besar dari padakolaborasi pemasok. Keunggulan bersaing lebih dipengaruhikolaborasi pemasok dari pada pemasaran kerelasian pelanggan. Pengaruh pemasaran kerelasian pelanggan terhadap kinerja pemasaran lebih besar dari pada kolaborasi pemasok. Dalam merumuskan keunggulan bersaing pelaku UKM lebih dipengaruhi sumber daya perusahaan, disusul kolaborasi pemasok dan kemudian pemasaran kerelasian pelanggan. Kinerja pemasaran yang dicapai UKM ditentukan oleh kemampuan UKM menciptakan keunggulan bersaing disusul dengan kemampuan UKM menciptakan pemasaran kerelasian pelanggan, dan membangun kolaborasi pemasok.

To find outthe cause ofpoor performance ofSMEsmetalautomotivecomponentsin Java, the author conducted a research”Customer Relationship MarketingandSupplierCollaborationinorder to improve the Firm Resourceand its implications onCompetitive AdvantageandMarketing Performance(a survey at SMEs on metalautomotivecomponentsin Java island).” Thisstudyused221respondents of SMEsmetalautomotivecomponentsin Java using a clusterrandomsamplingmethod.Data analysis usingdescriptiveanalysisforqualitativevariablesandverificationanalysistotest thehypothesis utilizingastructuralequation modelwithLISRELsoftware. SMEsmetalautomotivecomponentsin theJava are ableto buildrelationship marketingwith customers. The bestform of customerrelationshipmarketingisthe interactionof technical drawing information, while thelessgoodis thetechnicalassistance for productcreation process. SMEs metalautomotivecomponentsare able to buildcollaborationwithsuppliers. The best form of suppliers collaborationis information about thespecification andamount ofraw materials, while thelessis the knowledge transfer of raw material. Firm resourcesownedbySMEsmetalautomotivecomponentsinJavais strong enough. The strongest resources owned by companies are human power who experienced to use the existing machinery and equipment, while the weakest are the royalty payments from its findings. SMEs metal automotive components capable of creating competitive advantage. The best element of competitive advantage is able to achieve rapid delivery times, while that have not been able to achieve is to reduce the price of the product through the increased of labor productivity. SMEs metal automotive components, although able to improve its marketing performance, but sales growth is still low, the profit margin is relatively small, and customer growth is still low. The influence of Customers relationshipmarketingtothe Firm resourcesis larger compare tosuppliercollaboration. Competitive advantageis greater influenced by supplier collaborationthancustomer relationship marketing. Customer relationshipmarketing influence to the marketingperformance is largerthanthesuppliercollaboration. In formulating a competitive advantageover SMEs is moreaffected by the firm resources, followed bysuppliers collaborationand last by customersrelationshipmarketing.SMEmarketing performanceachievedis determinedbythe ability ofSMEsto createa competitive advantage, followed bythe ability ofSMEsto createmarketingrelationshipcustomers, and to buildsuppliers collaboration.

Untuk Keterangan Lebih Lanjut Silahkan Menghubungi : http://cisral.unpad.ac.id