Abstrak
Pengaruh Kinerja Keuangan Perusahaan, Kinerja Pasar Saham Dan Kondisi Makroekonomi Terhadap Pembentukan Persepsi Pasar Atas Masa Depan Pertumbuhan Perusahaan
Hendar
Unpad
Indonesia
Unpad
BEI, corporate financial performances and macroeconomic condition., Future Growth Opportinity, Future Growth Opportunity, IDX, kinerja keuangan perusahaan, kinerja pasar saham dan kondisi makroekonomi, market perception, Persepsi pasar
Penelitian ini mengkaji pengaruh persepsi pasar dalam pembentukan harga saham melalui pendekatan Growth Value Map (GVM). Fokus penelitian diarahkan untuk mengkaji sejauh mana kinerja keuangan perusahaan, kinerja pasar saham dan dan kondisi makroekonomi mempengaruhi pembentukan persepsi pasar/investor atas masa depan pertumbuhan perusahaan (Future Growth Opportunity/ FGO). FGO didefinisikan sebagai selisih harga pasar saham dengan harga saham menurut earning per share (EPS) yang keduanya dinyatakan dalam angka relatif terhadap nilai bukunya. Semakin tinggi nilai FGO suatu perusahaan, semakin baik persepsi atau penilaian pasar atas masa depan pertumbuhan perusahaan.
Penelitian dilakukan dengan mengambil obyek penelitian terhadap sekitar 82 perusahaan bukan keuangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang mewakili lebih dari 80% nilai kapitalisasi saham dalam dengan rentang waktu penelitian tahun 2002 – 2009. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembentukan persepsi atau penilaian/investor atas FGO perusahaan lebih dominan dipengaruhi oleh kinerja pasar saham dan kondisi makroekonomi daripada kinerja keuangan perusahaan. Namun demikian, kinerja keuangan perusahaan, khususnya tingkat profitabilitas dan ekspansi usaha, masih tetap menjadi sorotan pelaku pasar dalam menilai FGO perusahaan, meskipun peranannya terbatas.
Kesimpulan penelitian di atas secara umum konsisten dengan hasil kuesioner terhadap 42 pelaku pasar yang mewakili beberapa perusahaan sekuritas. Para pelaku pasar menilai bahwa kinerja keuangan perusahaan dan kinerja pasar saham serta kondisi makroekonomi domestik serta ekonomi global sebagai faktor penting dalam menilai FGO perusahaan. Namun pelaku pasar cenderung menilai bahwa tingkat profitabilitas dan kegiatan ekspansi usaha merupakan faktor sangat penting dalam mempengaruhi pembentukan persepsi atau penilaian pasar terhadap FGO perusahaan.
Dilihat dari perspektif perusahaan, kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan manajemen perusahaan tidak banyak mempengaruhi penilaian investor atas FGO perusahaan karena besarnya pengaruh behavior pelaku pasar. Meskipun demikian, manajer perusahaan dapat mengelola persepsi pasar dengan tetap menjaga terpeliharanya sentimen positif terhadap perusahaan melalui kebijakan yang diarahkan untuk menjaga dan mendorong agar saham perusahaan tetap aktif diperjualbelikan dan memimalkan potensi timbulnya berita negatif terhadap perusahaan. Disamping itu, perhatian terhadap kinerja keuangan harus terus mendapat perhatian manajer khususnya yang terkait dengan pengembangan kapasitas usaha. Selanjutnya, kesimpulan penelitian ini juga menegaskan pentingnya kebijakan makroekonomi yang mampu menjaga confidence pasar.
The research aims to examine the effect of market perception in stock prices formulation using Growth Value Map (GVM) approach. The research focuses on assessing the significancy of corporate financial performances, stock market performances, and macroeconomic condition in affecting market/investor’s perception on the company’s future growth (Future Growth Opportunity / FGO). The FGO is defined as the difference between market stock price with stock price according to its earnings per share (EPS), which are both expressed in relative numbers to its book value. The higher the value of the FGO, the better the market perception or assessment of future company growth.
Research was done using sample of 82 non-financial companies listed in Indonesia Stock Exchange (IDX), which represent more than 80% of stocks capitalization value within 2002-2009. The research concludes that the market/investor’s perception of company’s FGO is more affected by stock market performances and macroeconomic condition than corporate financial performances. However, the corporate financial performances, especially level of profitability and business expansion, remain a focus for market participants in assessing the company’s FGO, although its role is limited.
Conclusions from the research are generally consistent with a questionair result of 42 market participants representing several securities companies. Market participants tend to put corporate financial performances, stock market performances and domestic macroeconomic condition as well as global economy as the main factors in perceiving the company’s FGO. However, the questioner result strongly indicates that the level of profitability and business expansion activities remain as the important factors that influence the perception of company’s FGO.
From corporate perspective, conclusion of the research indicates that the company’s management policy is not able to strongly influence investor perception of FGO because of the domination of market participant’s behavior in any movement of market sentiment. Nevertheless, corporate managers are still able to manage market perception mainly by maintaining positive sentiment of the company through a policy directed to keep stocks actively traded and minimizing the possibility of company’s negative news. In addition, managers, especially who are related to business capacity development must continually put attention to company’s financial performance. Furthermore, the conclusion of the research also emphasizes the importance of macroeconomic policy that is able to maintain market confidence.
Untuk Keterangan Lebih Lanjut Silahkan Menghubungi : http://cisral.unpad.ac.id