Abstrak
Pengaruh Motivasi Kerja Dan Pelatihan Pekerti Terhadap Kinerja Dosen Dalam Bidang Pengajaran
Danan Satriyo Wibowo
Unpad
Indonesia
Unpad
kinerja dosen., lecturers performance.motivasi kerja, pelatihan PEKERTI, training PEKERTI, work motivation
The Influence of Work Motivation and PEKERTI Training on Lecturers Performance in Teaching (Case Study of Work Motivation and Lecturers Performance Based on StudentPerceptions of UNIBO, East Java)
The existence of professional and qualified lecturer is considered important in teaching and learning activities in universities, because lecturers are educator in charge of planning and implementing the learning process, assess learning outcomes, conduct coaching and training, and community service which refers to the Tri Darma University. Different characteristic of each student in terms of acceptance and understanding lecture support the lecturer to give better approach on teaching process, so that the lecturer become motivated to be more creative when giving lecture. Knowledge and ability obtained from PEKERTI training can be applied on teaching process, giving the lectures better performance. The purpose of this research is to analyze the influence of work motivation and PEKERTI training on lecturer’s performance in teaching process at UNIBO. Sampling technique used was total sampling with five number lecturer of sample who is received PEKERTI training. This research also involved student as participant, who know and feel the performance of lecturer, student samples used were 40 person. Result showed that the work motivation influence lecturer’s performance in the implementation of the teaching process with a strong correlation as result of 0.74. PEKERTI training effects the lecturer’s performance in implementing teaching process with the results of statistical test of -4.14 . Work motivation and PEKERTI training together does not give effect to the performance of lecturer in teaching, because motivation factor is more dominant for faculty member in performing teaching duties. Total of 33 students expressed a good performance of lecturer. The conclusions obtained from this research is motivation influence performance of teaching faculty member. Work motivation becomes the motivation factor is more dominant in implementing the teaching. Student give positive respon to the performance of lecturers by stating their lecturer performance was good.
Pengaruh Motivasi Kerja Dan Pelatihan PEKERTI Terhadap Kinerja Dosen Dalam Bidang Pengajaran (Studi Kasus Mengenai Motivasi Kerja Dan Kinerja Dosen Berdasarkan Persepsi Mahasiswa UNIBO, Jawa Timur)
Keberadaan dosen yang profesional dan berkualitas menjadi hal penting dalam kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi, karena dosen merupakan pendidik yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan serta pengabdian kepada masyarakat yang mengacu pada Tri darma Perguruan Tinggi. Karakteristik mahasiswa yang berbeda dalam kemampuan menerima dan memahami pelajaran, mendorong dosen untuk lebih ulet dalam melakukan pendekatan proses belajar mengajar, sehingga dosen termotivasi untuk lebih kreatif dalam menyampaikan pelajaran. Pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari pelatihan PEKERTI dapat diterapkan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, sehingga kinerja dalam mengajar menjadi lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh motivasi kerja dan pelatihan PEKERTI terhadap kinerja dosen dalam melaksanakan pengajaran di UNIBO. Teknik sampel yangdigunakan adalah total sampling dengan sampel sebanyak lima dosen yang telah mengikuti pelatihan PEKERTI. Penelitian ini juga melibatkan responden dari mahasiswa sebagai pihak yang mengetahui dan merasakan kinerja dosen, sampel mahasiswa yang digunakan adalah sebanyak 40 mahasiswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa motivasi kerja mempengaruhi kinerja dosen dalam pelaksanaan pengajaran dengan diperkuat hasil uji korelasi sebesar 0,74. Pelatihan PEKERTI berpengaruh terhadap kinerja dosen dalam pelaksanaan pengajaran dengan hasil uji statistik sebesar -4,14. Motivasi kerja dan pelatihan PEKERTI secara bersama-sama tidak memberikan pengaruh terhadap kinerja dosen dalam pengajaran, hal ini karena faktor motivasi lebih dominan bagi dosen dalam melaksanakan tugas pengajaran. Sebanyak 33 mahasiswa menyatakan kinerja dosen baik. kesimpulan yang diperoleh dari penelitian adalah motivasi kerja mempengaruhi kinerja dosen dalam melaksanakan pengajaran. motivasi kerja menjadi faktor dominan pendorong dosen dalam melaksanakan pengajaran. mahasiswa memberikan respon positif terhadap terhadap kinerja dosen dengan menyatakan kinerja dosen baik.
Untuk Keterangan Lebih Lanjut Silahkan Menghubungi : http://cisral.unpad.ac.id