Abstrak RSS

Hubungan Dan Karakteristik Rengo Berkonstruksi N+Po+V Dalam Bahasa Jepang (Kajian Struktur Dan Makna)

Hubungan Dan Karakteristik Rengo Berkonstruksi N+Po+V Dalam Bahasa Jepang (Kajian Struktur Dan Makna)
Lina Rosliana
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Rengo dalam bahasa Jepang didefinisikan sebagai gabungan kata yang akan membentuk suatu hubungan dan karakteristik tertentu. Gabungan kata tersebut, salah satunya dapat berupa gabungan nomina dan verba (N+V). Tesis ini memaparkan hubungan dan karakteristik rengo yang terbentuk dari gabungan nomina berpemarkah partikel o (N+Po) dan verba, sehingga membentuk konstruksi N+Po+V.

Data yang digunakan dalam tesis ini berupa rengo berkonstruksi N+Po+V yang terdapat pada novel dan tulisan ilmiah, yang diolah berdasarkan teori mengenai verba, nomina, dan rengo dengan teknik delesi dan subsitusi, sehingga diperoleh hubungan yang terbentuk dan karakteristik yang muncul dari rengo tersebut. Rengo berkonstruksi N+Po+V memiliki dua jenis hubungan, yaitu hubungan objektif dan kondisional. Sementara itu, karakteristik yang muncul dalam rengo berkonstruksi N+Po+V adalah karakteristik umum, khusus, dan unik.

Rengo, in Japanese language, is defined as a word formation which forms a relation and a certain characteristic. Nominal and verbal formation (N+V) is one of the word formations. This thesis describes the relation and characteristic of rengo formed from nominal formation with particle o (N+Po) and verb to form N+Po+V construction.

The data used in this thesis are rengo constructed N+Po+V available on Japanese novels and articles, and are analyzed based on verbal and nominal theories, and rengo with deletion and substitution technique to find out formative relations and characteristic emerging from the rengo. Rengo constructed N+Po+V has two relations: objective relation and conditional relation. Meanwhile, the characteristic emerging from the rengo constructed N+Po+V are general, specific, and unique characteristic.

Untuk Keterangan Lebih Lanjut Silahkan Menghubungi : http://cisral.unpad.ac.id