Abstrak RSS

Program Pelatihan Pengasuhan Bagi Ibu Yang Memiliki Anak Usia 7‐9 Tahun Dengan Gangguan Pemusatan Perhatian Disertai Hiperaktivitas Studi Tentang Perancangan Dan Uji Coba Program Pelatihan Pengasuhan Untuk Meningkatkan Pemahaman Ibu Dalam Menangani Permasalahan Tingkah Laku Anak Usia 7 – 9 Tahun Yang Mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian Disertai Hiperaktivitas (Gpph)

Program Pelatihan Pengasuhan Bagi Ibu Yang Memiliki Anak Usia 7‐9 Tahun Dengan Gangguan Pemusatan Perhatian Disertai Hiperaktivitas Studi Tentang Perancangan Dan Uji Coba Program Pelatihan Pengasuhan Untuk Meningkatkan Pemahaman Ibu Dalam Menangani Permasalahan Tingkah Laku Anak Usia 7 – 9 Tahun Yang Mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian Disertai Hiperaktivitas (Gpph)
Mefisya Nuzullia WS
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , , , ,

Saat anak mulai mengikuti pendidikan formal, tuntutan bagi anak menjadi lebih besar dibandingkan ketika mereka masih di prasekolah. Pada saat ini mulai banyak muncul keluhankeluhan kesulitan pada anak terutama yang terkait dengan kesulitan belajar, seperti kesulitan membaca, menulis, berhitung, duduk diam di kelas, dan berkonsentrasi. Keluhan ini apabila menetap dalam jangka waktu yang cukup lama dan konsisten dalam berbagai setting, maka merupakan gambaran dari perilaku yang menunjukkan adanya gangguan pemusatan perhatian disertai hiperaktivitas (GPPH).

Kurangnya pengetahuan orangtua mengenai keterbatasan anak GPPH membuat pola perilaku orangtua terhadap anak menjadi tidak tepat. Orang tua menjadi banyak mengontrol, kurang responsif terhadap pertanyaan anak, sering memerintah, tidak konsisten, memberikan hukuman sebagai metode pendisiplinan, dan hanya sedikit memberikan perhatian terhadap perilaku yang positif. Akibatnya gejala GPPH terus berlanjut dan berkembangnya berbagai komorbid. Oleh karena itu intervensi terhadap orangtua khususnya ibu, merupakan hal yang penting di dalam program intervensi awal untuk anak]anak GPPH.

Cukup banyak program pelatihan pengasuhan yang telah ditawarkan sebagai intervensi untuk menangani anak dengan GPPH dan kebanyakan menggunakan tehnik modifikasi perilaku. Peneliti tertarik untuk merancang suatu program pelatihan pengasuhan berdasarkan prinsip pendekatan “behavioral parent training” dari Barkley dan melalui pendekatan modifikasi perilaku, yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman ibu dalam menangani permasalahan tingkah laku anak usia 7 – 9 tahun yang mengalami gangguan pemusatan perhatian disertai hiperaktivitas (GPPH).

Penyusunan program pelatihan pengasuhan dilakukan dalam dua tahap, yaitu (1) Tahap Persiapan, yang dimaksudkan untuk proses asesmen kebutuhan dan perancangan program pelatihan pengasuhan, dan (2) Tahap Pengembangan, yaitu proses uji coba program pelatihan pengasuhan terhadap aspek penyusunan materi, metode yang digunakan, pemilihan lokasi dan penataan ruangan latihan, proses evaluasi, dan alat ukur penelitian. Dari hasil uji coba tersebut kemudian dilakukan revisi terhadap program pelatihan pengasuhan.

ntal dengan menggunakan desain one group pre test – post test untuk melihat peningkatan pemahaman ibu dalam menangani permasalahan tingkah laku anak usia 7 – 9 tahun yang mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian disertai Hiperaktivitas (GPPH) setelah mengikuti program pelatihan pengasuhan. Subjek dalam uji coba ini adalah 3 orang ibu yang mempunyai anak GPPH usia 7 – 9 tahun. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan kuesioner pengetahuan GPPH dan Manajemen Perilaku GPPH, dan panduan observasi demonstrasi pemahaman ibu menangani permasalahan tingkah laku anak GPPH.

Pengujian statitistik terhadap pengukuran pengetahuan ibu dilakukan dengan menggunakan Wilcoxon signed]rank test. Untuk hasil pengukuran pengetahuan GPPH dan Manajemen Perilaku GPPH diperoleh nilai Z = ]1.970 dan nilai t = 0.0245. Sedangkan untuk hasil pengukuran demonstrasi pengetahuan ibu menangani permasalahan tingkah laku anak GPPH, diperoleh nilai Z sebesar ]2.023 dan nilai t adalah 0.0215. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa nilai Zoutput > Ztabel dan nilai T < 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa pelatihan pengasuhan berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman ibu dalam menangani permasalahan tingkah laku usia 7 . 9 tahun yang mengalami gangguan pemusatan perhatian disertai hiperaktivitas (GPPH) untuk ketiga subjek uji coba.

When children begin to follow a formal education, the demand for the children are become much more than when they were still in preschool. At this time began to appear a lot of complaints in children, especially the difficulties associated with learning difficulties, such as difficulty reading, writing, arithmetic, sat quietly in class, and concentrated. This complaint if settled in a long period and consistently in various settings, it is the description of behavior that indicates a Attenttion Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)

The parents lack of knowledge about the limitations of the child’s leading patterns of parenting to the child’s behavior becomes inappropriate. Parents become more controlling, less responsive to the questions of children, giving more commands, was not consistent, give punishment as disciplinary methods, and being less attentive to positive behavior. Consequently ADHD symptoms continue and develop a variety of comorbid. Therefore, the intervention of parents especially for mother is essential in early intervention programs for children with ADHD.

Quite a lot of parent training programs have been offered as an intervention to treat children with ADHD and most use behavior modification techniques. Researchers interested in designing a training program based on principles .behavioral parent training. from Barkley and behavior modification approach, which aims to increase comprehension in problem of behavioral management from children aged 7©\9 years with attention deficit hyperactivity disorder.

The Parent Training Program is held within two phase, namely (1) Designing Phase, which was intended for the assessment of training needs and designing parenting programs, and (2) Development Phase, is the testing process of parent training programs especially about material composing aspects, the methods used, choosing the location and training room layout, evaluation processes, and research instrument. The try]out result will be added to Parent Training Program revision.

The design research in this Parent Training Programfs try]out is quasi experimental using one group pre test . post test design to look at increasing the knowledge in problem of behavioral management from children aged 7]9 years with attention deficit hyperactivity disorder after attending the Parent Training Program. Subjects in this try out is the third mothers who have children aged 7]9 years with ADHD. Measurements conducted using questionnaires knowledge ADHD and behavioral management of ADHD, and guide observation demonstrate acquired knowledge of mother to handle behavior problems of children with ADHD .

Testing statitistic to measure knowledge will be done using Wilcoxon signed]rank test. Result of knowledge ADHD and behavioral management of ADHD obtained Z value = ]1.970 and t value = 0.0245. While measuring the knowledge demonstrate of mothers to handle behavior problems of children with ADHD, obtained a Z value = ]2.023 and t value = 0.0215. Statistic test result showed that the value of Zoutput > Ztabel and T]score < 0.05, it can be concluded that parent training affected on the increase of comprehension for mothers in problem of behavioral management from children aged 7]9 years with attention deficit hyperactivity disorder for the three sample subjects.

Untuk Keterangan Lebih Lanjut Silahkan Menghubungi : http://cisral.unpad.ac.id