Abstrak RSS

Rancangan Program Pelatihan Attachment Parenting Untuk Meningkatkan Pengetahuan Ibu Dalam Mengasuh Anak Prasekolah (Studi Pada Kelompok Ibu-Ibu Di Tk/Ra X Tasikmalaya)

Rancangan Program Pelatihan Attachment Parenting Untuk Meningkatkan Pengetahuan Ibu Dalam Mengasuh Anak Prasekolah (Studi Pada Kelompok Ibu-Ibu Di Tk/Ra X Tasikmalaya)
Neni Sholihat
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Neni Sholihat. Penelitian ini berjudul Rancangan Program Pelatihan Attachment Parenting Untuk Meningkatkan Pengetahuan ibu dalam Mengasuh Anak Prasekolah. Yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah kondisi actual anak-anak TK kelas A dan B yang menunjukkan tingkah laku sosial dan kemandirian yang belum memenuhi standar sesuai standar kompetensi TK/RA sebagaimana yang dikeluarkan oleh Depdiknas. Melalui interview pada ibu dari anak-anak tersebut ditemukan fakta bahwa ibu-ibu ini masih belum memahami sepenuhnya apa yang menjadi tugas perkembangan anak usia prasekolah dan bagaimana mengelola tingkah laku negative mereka dengan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu rancangan program pelatihan attachment parenting yang ditujukan pada ibu untuk meningkatkan pengetahuannya dalam mengasuh anak prasekolah. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 orang ibu yang mengasuh anak usia prasekolah di TK/RA X Tasikmalaya. Sebelum melakukan perancangan program penelitian dilakukan need assessment terhadap ibu mengenai pengetahuan attachment parenting dengan menggunakan kuesioner yang menggunakan skala ordinal. Berdasarkan kuesioner tersebut diidentifikasi bahwa pengetahuan attachment parenting yang memiliki nilai atau skor rendah adalah dalam prinsip sensitivitas dalam memberi respon dan pemberlakukan positif disiplin. Kedua prinsip ini kemudian dijadikan sebagai materi dalam rancangan program pelatihan ini. Rancangan program pelatihan ini menggunakan pendekatan instructional design yang tidak di uji cobakan.

Neni Sholihat. The title of this research is a Design Program of Attachment Parenting Training to Increase a Knowledge of Mothers of Preschool Children. This research is a study to a group of mothers at Kindergarten X Tasikmalaya. The background of this research are some facts that found in Kindergarten X Tasikmalaya, where some children at grade A and B still have problems and obstacles in performing social behavior and independency as required by competence standard of TK/RA as published by National Department of Education. Interviews with the mothers of these children showed that they did not have much knowledge about developmental milestone and how to handle with negative behavior of their children effectively. The purpose of this research is to design an attachment parenting training program to increase a knowledge of a mother of preschool children.. Before designing the program there is need assessment that conduct by questionnaire to identified the learning needs of the mothers. The subject of this assessment are 32 mothers of preschool child at TK X Tasikmalaya. The data collected from assessment showed that mother’s knowledge about attachment parenting, especially in responding with sensitivity and practicing positive discipline are minimum. The assessment showed that the following program is needed.

Untuk Keterangan Lebih Lanjut Silahkan Menghubungi : http://cisral.unpad.ac.id