Abstrak RSS

Aplikasi Bauran Pemasaran

Aplikasi Bauran Pemasaran
Sri Djatnika S. Ariffin, Poppy Rufaida, Hilmiana
FE Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , , , ,

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis dan mengetahui aplikasi/pelaksanaan strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan performansi/kinerja waserda Koperasi Unit Desa (KUD) Mitrayasa, Kecamatan Pegerageung, Kabupaten Tasikmalaya. Disamping itu, faktor-faktor apa yang dapat mendorong maupun menghambat pelaksanaan strategi bauran pemasaran tersebut, serta bagaimana aplikasi yang sebaiknya dilakukan oleh waserda KUD Mitrayasa, Pegerageung, Tasikmalaya untuk meningkatkan performansinya, juga turut dianalisis. Penelitian ini menggunakan metode survey yang kemudian dianalisis secara verifikatif, karena menggambarkan secara struktural, faktual dan akurat, fakta dari variabel yang diteliti. Selanjutnya dianalisis secara statistik untuk menguji hipotesis data yang telah ditetapkan, sehingga kemudian dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan strategii bauran pemasaran yang selama ini dilakukan oleh Waserda Koperasii Unit Desa (KUD) Mitrayasa Pegerageung, Tasikmalaya, sudah cukup baik, sesuai dengan kemampuan swadaya Unit Usaha Waserda KUD Mitrayasa, Pegerageung, Tasikmalaya. Namun karena pada dasarnya KUD pun merupakan “price taker” dan belum terbentuknya hubungan kontraktual antara KUD dengan anggotanya, maka belum semua anggota Koperasi menjadi pelanggan utama dan setia bagi Waserda KUD Mitrayasa. Hal ini mengakibatkan belum optimalnya tingkat penjualan sembako dan kebutuhan sehari-hari lainnya di Waserda. Adapun faktor-faktor yang dirasakan sangat mendorong pelaksanaan bauran pemasaran adalah karena terdapatnya beberapa pesaing lain dalam usaha sejenis yang sangat potensial, sehingga mendorong Waserda KUD Mitrayasa untuk melakukan usaha secara efektif dan efisien. Sedangkan faktor-faktor yang dirasakan masih menghambat pelaksanaan bauran pemasaran Waserda KUD Mitrayasa, adalah karena terbatasnya anggaran untuk melakukan promosi, akibat terkonsetrasinya dana Koperasi untuk lebih memprioritaskan pembangunan pabrik pengemasan susu, setelah dijalinnya kerjasama yang dilakukan antara KUD Mitrayasa Pegerageung, Tasikmalaya dengan Koperasi Peternak Bandung Selatan (KPBS).

This study was intended to know and analyze the application of marketing mix strategy in order to improve the Village Unit Cooperative (VUC) grocery performance at KUD Mitrayasa Pagerageung, Tasikmalaya in order to improve performance. The research method used they in this study was the survey method. The data were then analyzed verificatively as they gave the observed variable facts structurally, factually and accurately then they were also analyzed statistically to test the determined data hypothesis to draw some conclusions. The result of the study shows that the application of marketing mix strategy that has been done by the VUC grocery of KUD Mitrayasa Pegerageung, Tasikmalaya was good enough, but as the fact that customers were neither loyal enough norded all the members become customers yet to that VUC. Because the customers and the VUC grocery have not made any contract yet, improvement of sales is not yet achieved. Factors that pushed the application of marketing mix was the appearance of so many potential competitors on grocery business and the VUC grocery to do business efficiently and effectively. Factors blocked the application of marketing mix were the promotion budget that was limited because of the VUC fund tend to be concentrated on the factory building after the KUD Mitrayasa, Pegerageung, Tasikmalaya have cooperated with the Southern of Bandung Dairy Cooperative (Koperasi Peternak Bandung Selatan).

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi : http://www.lppm.unpad.ac.id