Abstrak RSS

Pengaruh Sikap Dan Kendala

Pengaruh Sikap Dan Kendala
Agusti Rudianingsih, Wandansari S. Mulya, Emiliawati Nugroho
Fak.Sastra Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , , , , ,

Kajian utama yang menjadi topik penelitian ini adalah masalah sikap dan kendala yang dihadapi mahasiswa dalam proses pembelajaran bahasa Prancis. Secara teori, sikap dibagi dalam tiga aspek yaitu kognitif, afektif dan konatif. Fokus penelitian ini ditujukan pada aspek kognitif yang menyangkut pengetahuan tentang bahasa Prancis secara umum, kemudian aspek afektif yang menyangkut minat pribadi dan keterkaitan belajar, dan aspek konatif yang berhubungan dengan kecenderungan berperilaku mahasiswa dalam proses pembelajaran bahasa Prancis; meliputi kemampuan bahasa secara tulis dan lisan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara sikap mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Prancis dengan kendala eksternal yang dihadapi dalam mecapai keberhasilan studi. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Program Diploma III angkatan 1998 dan 1999. Dari jumlah keseluruhan, hanya diambil 95 orang sebagai sampel. Dalam penelitian ini digunakan metode analisis deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, angkat, dan studi keputusan. Pelacakan teori dan konsep yang relevan merupakan dasar untuk mengkonstruksi paradigma penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran bahasa Prancis, sikap mahasiswa umumnya lemah dalam aspek kognitif dan konatif, tetapi memiliki komponen affektif yang tinggi. Kendala eksternal yang ada tidak bisa dihadapi dengan sikap positif sehingga menimbulkan dampak negatif terhadap kelemahan sikap belajar. Hal ini mengakibatkan terjadinya penurunan prestasi akademik dan meninggikannya tingkat putus studi mahasiswa.

The main area of this research implies attitude problems and perceives external constraints of students, who enrolled for studies in French Department. Viewed conceptually, attitude can be broken down into three parts, consisting of cognitive, affective, and conative components. This research is focussed on the cognitive aspect, which measures the overall knowledge of the French language. Furthermore, on the affective aspect, which shows personal preference and motivation for learning this language and at last on the cognitive aspect, reflecting overt skills in speaking and writing in the French language. The research objective is set to cover the relation between the attitude towards French studies and the perceived external constraints during the scholastic process. The research population consists of 95 students, enrolled in the year 1998 and 1999 for the D-III program in the French Language. Sample is chosen the total population sample. The method used is analytic-descriptive, and supported by assessment techniques covering interviews, and written questionnaires. A search for relevant theories and concepts from the base in constructing the research paradigm. The results of this research show a general attitude towards the study of French, which can be broken down into weak cognitive aspects, but with a strong affective component. The perceived external constraints during the academic process are mostly negative, Thus furthermore giving negative impact on the already weak aspects of the attitude towards the study. Factual conditions resulting from the described dynamic process are: a cumulative hampering of academic achievements of the students, and a rising drop-out rate.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi : http://www.lppm.unpad.ac.id