Abstrak RSS

Permasalahan Dan Keinginan Mahasiswa

Permasalahan Dan Keinginan Mahasiswa
Bill S. Raksadjaya
Fak. Psikologi Unpad
Indonesia
Unpad
,

Adalah sangat penting bagi sebuah Perguruan Tinggi untuk mendapatkan data dan memperoleh gambaran tentang permasalahan serta keinginan mahasiswanya. Pentingnya informasi ini terutama berkaitan dengan perlunya Perguruan Tinggi, khususnya Universitas Padjadjaran, untuk memperlancar proses belajar mengajar mahasiswa. Dengan adanya profil atau gambaran mahasiswa angkatan tertentu, maka perlakuan, serta sarana yang diadakan pihak jurusan, fakultas dan universitas dapat menjadi lebih terarah. TPBK dapat lebih bersifat proaktif dan preventif tanpa harus menunggu mahasiswanya meminta bantuan akibat menghadapi persoalan. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan terhadap 1811 mahasiswa UNPAD angkatan 1998, tergambar bahwa kesulitan yang mereka hadapi terutama ialah bidang masalah (1) penyesuaian diri terhadap Perguruan Tinggi, (2) aktivitas sosial, dan rekreasi, dan (3) kurikulum dan prosedur pengajaran. Hasil studi juga memperlihatkan kebutuhan mahasiswa yang diungkapkan sebagai (1) keinginan untuk mengerti orang lain, (2) keinginan untuk berhasil, (3) keinginan untuk melindungi orang lain. Sementara itu, bidang permasalahan yang berkorelasi negatif dengan IPK adalah penyesuaian diri terhadap perguruan tinggi. Berdasarkan kesimpulan hasil studi, maka disarankan TPBK bertindak pro-aktif, dengan prioritas pada (1) memberikan ketrampilan kepada para mahasiswa tentang bagaimana belajar dengan baik dan benar, (2) membekali mahasiswa untuk mampu mengelola waktu dengan alokasi yang baik antara waktu belajar, rekreasi, dan kegiatan lain, dan (3) memberikan saran kepada pimpinan universitas agar berbagai lembaga dan sarana yang ada (bea siswa, poliklinik, kantin, dll) lebih diaktifkan lagi untuk menunjang suasanan belajar mahasiswa.

It is important for a tertiary education institution to have data about its students’ needs and development. To provide a comprehensive profile of students is important for Universitas Padjadjaran in order to enchance its environmental resources to meet students’ developmental needs. A database of students comprehensive profile will be the source for departments, faculty and university to conduct more focused intervensions on students problems. The TPBK should act more praventively rather than passively waiting for students to come looking for help to solve their problems. The research result on 1811 UNPAD students of year 1998, revealed that the most difficult problems faced by students were (1) adjustment to educational activities and to life, (2) social and recreational activies, and (3) curriculum and learning processes. Results on students’ needs included (1) the need to understand others, (2) the need of achievement, and (3) the need to protect others. Students’ problem that has a negative correlation with the IPK (GPA) was the problem of adjusment to higher education activities and life. Based on the results of this study, it can be concluded that the TPBK should play a more active role in (1) developing and enhancing students’ capability to learn better in a more appropriate way, (2) managing time for study, recreation, and other activities, and (3) proposing to the university to provide and improve better the student facilities to support better learning environment.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi : http://www.lppm.unpad.ac.id