Abstrak RSS

Studi tentang Penerapan Konsep Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dalam Kegiatan Layanan Informasi di Perpustakaan PDII LIPI

Studi tentang Penerapan Konsep Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dalam Kegiatan Layanan Informasi di Perpustakaan PDII LIPI
Nuning Kurniasih, S.Sos., M.Hum.
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan konsep bauran pemasaran dalam kegiatan layanan informasi di perpustakaan pusat dokumentasi informasi ilmiah (PDII) LlPI Jakarta. Adapun fokus dalam penelitian ini adalah aspek-aspek dalam konsep bauran pemasaran yang meliputi aspek produk, harga, tempat dan aspek promosi.

Lokasi dalam penelitian ini dilakukan di perpustakaan pusat dokumentasi informasi ilmiah (PDII) LlPI ‘JI. Jenderal Gatot Subroto Jakarta. Sedangkan yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah responden yang terdiri para staf perpustakaan, pakar perpustakaan serta para pengguna perpustakaan;proses atau peristiwa tentang kegiatan pemasaran yang dilakukan di PDII dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Untuk teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi, wawancara dan melalui studi kepustakaan.

Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpu!kan bahwa perpustakaan pusat dokumentasi intormasi ilmiah LlPI telah melakukan penerapan bauran pemasaran. Hal ini terlihat dari unsur-unsur bauran pemasaran yang ada di dalamnya seperti jenis-jenis produk yang ditawarkan baik yang berupa barang atau jasa, harga untuk setiap jenis produk, tempat untuk melakukan kegiatan pemasaran produk serta kegiatan promosi untuk mengenalkan produk-produk tersebut

The purpose this research is to know applying of marketing mix concept in activity of information service in library of erudite information documentation center (PDll) LlPI Jakarta. As for focus in this research is aspects in marketing mix concept covering product aspect, price, promotion aspect and place.

Location in this research is library of erudite information documentation center (PDll) UPI at JI. General of Gatot Subroto Jakarta. While becoming the source of data in this research is responder which compose library staff, expert of library and also all consumers of library; event or process concerning activity of marketing in POll LIPI and document related to accurate problem. For the technique of in take of data of through observation, interview and bibliography study. Pursuant to data processing result can be concluded that library of erudite information documentation center [PDll] LIPI have applying of marketing mix.

This matter seen from marketing mix elements which there in it like product type which on the market including service or goods, price to each; every product type, place to activity of product marketing and also activity of promotion the product.

Download: pdf