Abstrak RSS

Model Pengembangan Kelompok Belajar

Model Pengembangan Kelompok Belajar
Oong Komar
UPI Bandung
Indonesia
Unpad
, , , ,

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar Kelompok Belajar Usaha (KBU) yang pada umumnya belum menunjukkan pemberdayaan dan kemandirian warga belajarnya. Lulusannya belum mampu mengembangkan sendiri cara-cara belajar, bekerja dan berusaha. Hal ini disebabkan oleh konsep KBU tidak menggunakan pembelajaran yang berpusat pada warga belajar (student centered). Bagaimanakah model konsepsional KBU yang patut direkomendasikan di masa mendatang? Deangan KBU yang menggunakan konsep belajar berpusat pada warga belajar, kurikulum dan proses pembelajarannya secara niscaya (significant) menumbuhkan budaya dalam belajar, bekerja dan berusaha, sehingga warga belajarnya secara bertahap menuju ke arah kemandirian.

The rationale of this research is the result of the Kelompok Belajar Usaha (KBU), which in general has not shown any empowerment and autonomy of the member. The graduates are not yet able to develop the way of study, work and make efforts. This is caused by the concept of KBU, which has not used student-oriented learning method. What conceptual model of ESG should be recommended in the future? With the KBU that applies student centered learning concept, the curriculum and the learning process is able to develop values on study, work and make efforts so that the members gradually step to autonmy.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi : http://www.lppm.unpad.ac.id